Tips Praktis Agar Sukses Jualan Online

Saat ini internet sudah menjadi trend. Apa-apa cari di internet. Mulai dari cari informasi sampai cari barang juga sudah melalui internet. Kita tinggal kunjungi toko online, lalu cari barang yang kita perlukan, klik, transfer pembayaran, dan dalam dua tiga hari barang pun sampai di tangan kita. Mudah bukan? Kita tidak perlu lagi berdesak-desakan atau bermacet-macet ria hanya untuk mencari satu dua barang. Nah, kemudahan inilah yang membuat kebanyakan orang lebih memilih membeli secara online daripada offline.

Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap internet, peluang bisnis online akan semakin besar. Tak heran jika semakin kesini semakin banyak orang yang membuka toko online. Anda pun bisa. Anda hanya tinggal membuat website untuk tempat jualan, atau bisa juga berjualan di website gratis dan jejaring sosial. Anda bisa menjual apa saja di sini. Bisa jual barang atau jasa. Misalnya accessories, tas branded, baju, sepatu, sandal, alat-alat rumah tangga, jasa angkutan, jasa rias pengantin, dan lain-lain.

Seperti halnya jualan secara offline, jualan secara online pun harus ada trik-triknya. Berikut ini ada beberapa tips agar Anda sukses berjualan secara online.

  1. Pastikan Produk Dicari secara Online.
    Barang-barang yang biasanya akan dicari secara online yaitu baju, tas, sepatu, sandal, accessories, jam tangan, buku, kendaraan, alat-alat rumah tangga, perlengkapan rumah, dan lain-lain. Jangan sampai Anda jualan produk-produk consumer goods. Misalnya minyak kelapa, mie instan, beras, pasta gigi, dan lain sebagainya. Ini karena untuk saat ini customer behavior-nya belum sampai ke situ. Pelanggan tidak akan mencari produk-poduk seperti itu secara online. Biasanya mereka akan langsung ke supermarket untuk membeli barang-barang seperti itu.
  2. Lakukan SEO
    SEO atau Search Engine Optimization adalah cara supaya website Anda dapat terlihat di halaman pertama pasa search engine saat ada orang yang mencari produk Anda. SEO ini sangat penting dalam mendatangkan costumer ke toko online Anda.
  3. Tampilan yang sederhana
    Buatlah tampilan yang sederhana dan infornatif pada website Anda. Jangan sampai ketika ada pengunjung yang masuk, mereka malan ‘ill feel’  melihat tampilan website Anda yang terlalu rame dan malah membuat pusing. Pastikan juga pengunjung mudah melakukan navigasi saat mereka ingin mencari produk-produk tertentu. Hal ini akan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pengunjung. Selain itu, tampilkan juga informasi yang penting seputar produk yang Anda tawarkan seperti detail produk, harga, juga nomor yang mudah dihubungi, chat messenger, dan lain sebagainya.
  4. Lakukan Promosi
    Meskipun Anda memiliki website sendiri, ada baiknya Anda juga melakukan promosi di channel-channel promosi yang lain. Saat ini ada banyak website jual-beli gratis yang bisa anda manfaatkan untuk promosi.Anda bisa melakukan promosi Anda di forum jual beli, jejaring sosial, atau iklan baris.
  5. Ingat Aturan Dasar Marketing
    Aturan dasar dalam berbisnis di dunia maya hampir sama dengan bisnis offline. Aturan-aturan dasar tersebut antara lain kualitas prosuk, diferensiasi produk, pelayanan yang ramah, pengiriman produk yang cepat, jujur, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips dalam bisnis online. Selamat berbisnis!

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: