Tips Menyusun Strategi Pemasaran Produk Secara Tepat

Salah satu hal yang menunjang kesuksesan produk Anda adalah strategi dalam memasarkan produk tersebut. Bisa dikatakan bahwa strategi pemasaran merupakan kunci utama dalam membuka pintu kesuksesan dalam sebuah usaha. Tak peduli semenarik apapun produk yang Anda buat, jika tanpa strategi pemasaran yang bagus, maka produk itu pun tidak akan laku dijual dan sia-sia. Untuk itu seorang pelaku bisnis selain harus memiliki kreatifitas untuk menciptakan suatu produk, harus juga memiliki kemampuan untuk dapat memasarkan produk yang dihasilkannya dengan baik.

tips menyusun strategi pemasaran yang tepat

Tips menyusun strategi pemasaran

  • Perencanaan
    Dalam menjalankan suatu usaha, konsep marketing dari produk yang Anda jual harus direncanakan dengan matang. Karena hal ini akan mempengaruhi banyaknya pelanggan yang nantinya akan Anda peroleh.
  • Strategi
    Ini merupakan hal yang mendasar untuk kegiatan marketing Anda yang sebelumnya telah Anda rencanakan. Tentukan target pasar dan bagaimana cara membidik konsumennya. Pikirkan juga mengenai cara menjaga konsumen agar tetap setia pada produk Anda.
  • Target Pemasaran
    Setelah menentukan strategi, kemudian Anda langsung tentukan target pemasaran Anda. Target pasar ini akan membuat konsep marketing Anda menjadi lebih mudah untuk dijalankan.
  • Anggaran
    Tentukanlah berapa anggaran yang akan Anda butuhkan dalam menjalankan pemasaran produk anda. Catatlah selalu setiap anggaran masuk dan keluar. Perhatikan juga mengenai keakuratannya untuk menghindari pemborosan dana.
  • Merk
    Buatlah merk atau label pada produk Anda agar konsumen dapat dengan mudah mengingat produk yang dibelinya. Tentukan logo yang sesuai dengan usaha Anda. Usahakan untuk memberikan label atau merk yang mudah diingat oleh konsumen.
  • Promosi
    Setelah semua konsep marketing diatas selesai, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempromosikan produk tersebut melalui iklan. Anda dapat memasang iklan di surat kabar, majalah, televise atau untuk menekan biaya, Anda dapat mempromosikan produk Anda lewat media internet.
    internet marketing online

Agar strategi pemasaran dapat tetap dijalankan, Anda harus konsisten, persistent, fokus dan mengelolanya dengan baik.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!