Tips Memilih Wireless Router Yang Baik dan Benar

Wireless router kini telah menjadi sebuah perangkat yang penting dalam membangun sebuah jaringan komputer. Jaringan nirkabel memang sekarang ini menjadi solusi yang lebih mudah dalam pembangunan sebuah jaringan komputer. Kemudahan konfigurasi dan penataan jaringan menjadi keunggulan jaringan wireless. Jika dibandingkan dengan jaringan yang memakai kabel, jaringan wireless memang lebih fleksibel dalam penataan komputer yang ada di dalam jaringan. Karena banyaknya kelebihan tersebut, jaringan wireless banyak diadopsi oleh berbagai instansi.

tips memilih wireless router

Dalam pembangunan jaringan ini, wireless router menjadi kebutuhan utama yang menentukan kelancaran pertukaran data dalam sebuah jaringan wireless. Sehingga pemilihan wireless router juga tidak boleh sembarangan. Berikut ini tips memilih wireless router yang baik dan bisa mendukung sistem dalam jaringan.

  • Software
    Faktor pertama yang harus diperhatikan saat memilih wireless router adalah software pendukung yang digunakan untuk melakukan instalasi perangkat. Kemudahan instalasi wireless router sangat penting untuk mempercepat proses pembangunan jarigan wireless. Dulu banyak wireless router yang disertai software yang memakai bahasa-bahasa teknis yang sulit untuk dipahami, terutama oleh orang yang awam terhadap istilah jaringan. Pengaturan seperti port khusus untuk transfer data, jenis enkripsi, protokol yang dipakai, hingga port yang digunakan oleh provider internet untuk melakukan koneksi. Istilah-istilah dan parameter ini akan sangat menyulitkan jika Anda tidak terbiasa dengan pengaturan jaringan secara manual. Namun sebagian besar wireless router modern lebih banyak menggunakan sebuah fitur instalasi dan konfigurasi secara otomatis, sehingga akan samgat memudahkan dan mempercepat proses ini.
  • Performa
    Faktor selanjutnya adalah performa wireless router yang sangat baik dan stabil. Kinerja sebuah wireless router adalah faktor yang menentukan efisiensi sebuah jaringan wireless karena menyangkut kecepatan dan kestabilan transfer data. Sebuah wireless router yang baik adalah yang bisa membagi dan mengatur data dalam jaringan dengan baik dan seimbang. Misalnya dalam kasus video streaming, komputer lain juga tidak akan terganggu koneksi internetnya karena pemberian prioritas pada komputer yang melakukan video streaming.
  • Desain
    Faktor yang tidak kalah penting dalam memilih wireless router adalah desain. Faktor estetika ini merupakan faktor pendukung dalam membangun jaringan wireless. Terutama saat penempatan wireless router berada di tempat yang terbuka, misalnya di sebuah kafe. Keselarasan dari desain wireless router dengan ruangan tempatnya juga menjadi nilai lebih. Apalagi desain wireless router saat ini semakin modern dan lebih “cantik”.

Demikian tips memilih wireless router agar jaringan wireless yang Anda bangun bisa maksimal dan lebih stabil.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: