Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih pada Wanita

Wanita perlu mengetahui tanda-tanda kanker kandung kemih dengan segera untuk langkah pencegahan. Kanker kandung kemih adalah penyakit yang jarang dimuat dimedia. Karena kebanyajan membahas jenis kanker, “besar”, seperti payudara, ovarium, prostat, paru-paru dan kulit. 12% dari kasus kanker di Amerika Serikat adalah kanker payudara, kanker paru-paru adalah 25%. 40-50% pasien kanker di AS adalah kanker kulit. Angka kanker kandung kemih ini hanya 5%. tanda-tanda kanker kandung kemih pada wanita

Tapi perlu dicatat bahwa 5% masih jumlah yang sangat besar. Menurut American Cancer Society, hampir 80.000 kasus kanker kandung kemih ditemukan pada tahun 2017 dan tipe baru kanker paling umum ke-4 pada pria. Meskipun demikian, proporsi perempuan meninggal akibat kanker kandung kemih lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Hal ini karena gejala kanker kandung kemih pada wanita sering disalahpahami penyakit lainnya. Juga karena ini, wanita harus tahu dan membaca artikel di bawah ini untuk mengetahui bagaimana mencegah kanker kandung kemih cara yang paling efektif.

Apa itu kanker kandung kemih?

Mengetahui perubahan sel-sel dalam kandung kemih adalah tugas kita. Perubahan ini terjadi dan tidak selalu menyebabkan kanker. Perubahan sel dapat menyebabkan:

  • Penyakit non-kanker seperti infeksi saluran kemih dan batu ginjal.
  • tumor jinak seperti kutil atau serat.
  • Perubahan sel kandung kemih masih dapat menyebabkan melanoma dan kanker.

Jenis kanker kandung kemih

Lebih dari 90% dari kanker kandung kemih dimulai dari perut, yang memiliki gula di dalam kandung kemih dan ureter yang disebut karsinoma tumor kandung kemih atau karsinoma sel transisi. Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan kanker kandung kemih, namun salah satu cara yang paling populer adalah perbedaan antara non-invasif dan invasif.

Kanker kandung kemih invasif

Jenis kanker kandung kemih hanya terjadi pada sel-sel lambung dan pengobatan lebih lanjut dapat segera diobati.

Kanker kandung kemih invasif

Kanker jenis ini terjadi ketika sel-sel kanker menyebar ke jaringan ikat. Hal ini biasanya terjadi pada tahap selanjutnya dari kanker kandung kemih.

Pengobatan kanker kandung kemih

Pengobatan kanker kandung kemih tergantung pada tingkat dan jenis kanker pasien sendiri. Ada perawatan dan pengobatan awal adalah:

  • Bedah
  • Imunoterapi
  • Kemoterapi
  • Radiasi

Operasi dapat mengangkat tumor dari kandung kemih.

Tanda-tanda kanker kandung kemih

  • Darah dalam urin
  • Sering buang air kecil
  • Atau kencing mendesak
  • Kesulitan buang air kecil

Akhir gejala kanker kandung kemih

  • Berat Badan berkurang
  • Anemia
  • Demam
  • Pembengkakan di kaki
  • Nyeri pada rektum, anus, panggul, tulang rusuk atau di dalam tulang

Kesulitan dalam mendeteksi gejala kanker kandung kemih karena mirip dengan penyakit lain dan gejala yang terjadi mungkin tidak Anda kenali. Jadi, jika salah satu gejala di atas terjadi pada Andna, Anda perlu perawatan medis secepatnya.

Bagaimana mencegah kanker kandung kemih

Seperti biasa, pencegahan kanker selalu lebih mudah daripada mengobati itu. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kanker kandung kemih, seperti usia, cacat lahir atau racun menumpuk di tubuh.

Bebas rokok

Asap menyebabkan ribuan bahan kimia dari memasuki tubuh Anda. Tidak hanya tidak merokok, Anda juga harus menghindari orang yang merokok.

Hati-hati dan mengurangi paparan bahan kimia

Beberapa pekerjaan memerlukan penggunaan atau paparan bahan kimia berbahaya. Pastikan diri Anda selalu melakukan tindakan pencegahan keselamatan saat terkena bahan kimia seperti memakai pakaian pelindung dan masker filter udara.

Minum banyak air

Minum banyak air sepanjang hari dapat mencairkan urine dan meningkatkan jumlah urin. Ini akan membantu tubuh Anda secara teratur dan menghilangkan zat beracun dari ginjal dan dapat membuat potensi terkena penyakit kanker kandung kemih berkurang.

Makan lebih banyak buah dan sayuran

Makan lebih banyak buah dan sayuran untuk memastikan Anda memiliki jumlah serat dan antioksidan dalam tubuh sangat tinggi. Serat membantu menjaga buang air besar Anda teratur dan antioksidan akan membantu membunuh sel-sel karsinogenik.

Itulah tadi yang dapat kami sampaikan tentang Tanda-tanda kanker kandung kemih pada wanita, semoga bisa bermanfaat untuk kita dalam menjaga kesehatan tubuh.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: