Sumber Nutrisi yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Nutrisi untuk ibu hamil harus dipenuhi kebutuhannya karena akan berdampak juga pada perkembangan bayi dalam kandungan. Pada dasarnya proses kehamilan akan berpengaruh  terhadap kesehatan fisik dan mental sang bunda. Oleh karena itu, sangat diperlukan asupan gizi makanan yang mencukupi, selain untuk kesehatan bunda juga  untuk mendukung tumbuh kembang sang bayi didalam kandungan. Berikut ini ada beberapa nutrisi untuk ibu hamil dan janin yang sangat penting, diantaranya. Makanan yang harus dikonsumsi saat Hamil

Makanan Untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat

  1. Nasi Merah

Nasi merah didalamnya memiliki kandungan serat, zat besi dan juga vitamin B yang cukup tinggi. Disamping itu, nasi merah juga dapat membantu bunda merasakan kenyang lebih lama. Kandungan vitamin B nya, mampu memelihara kesehatan sistem saraf serta dapat membantu proses produksi sel darah merah.

  1. Stroberi

Buah stroberi ini dikenal sebagai makanan super karena memiliki kandungan serat, antioksidan, folat serta vitamin C yang cukup tinggi. Asupan zat antioksidan selama proses kehamilan berkhasiat untuk melindungi bayi terhadap risiko gangguan obesitas dan diabetes.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti, kangkung, dan bayam adalah sumber folat, zat besi, serat serta vitamin C terbaik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka dapat membantu bunda dalam mengatasi kekurangan zat besi. Karena pada umumnya proses kehamilan dapat membuat bunda kekurangan zat besi. Disamping itu, serat yang ada pada bayam juga dapat membantu bunda mencegah sembelit, dan vitamin C nya bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

  1. Minyak Ikan

Seorang ibu hamil sangat penting  memperoleh asupan lemak omega 3 yang biasanya terdapat pada ikan.  Asam lemak ini diperlukan sebagai nutrisi untuk ibu hamil agar bayi cerdas serta untuk membantu perkembangan mata sang bayi. Sumber  lemak omega 3 ini ada pada ikan salmon. Selain ikan salmon anda juga dapat mengonsumsi ikan kembung  sebagai alternatifnya. Namun bunda juga jangan berlebihan dalam mengonsumsi ikan, karena ikan memungkinkan memiliki kandungan polutan yang dapat membahayakan bayi anda. Jadi konsumsilah seperlunya saja.

  1. Daging merah

Daging Merah tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang diperlukan oleh ibu hamil supaya tidak terkena anemia. Selain itu daging merah juga merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Namun hindarilah memakan bagian hati saat hamil, karena bagian hati memiliki kandungan retinol. Kandungan retinol ini dinilai dapat membahayakan janin bunda nantinya.

  1. Buah Kiwi

Kiwi adalah buah yang kandungan vitamin C nya lebih tinggi daripada buah jeruk. Buah kiwi juga kaya akan kandungan antioksidan dan asam folat. Keduanya zat tersebut sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

  1. Pisang

Buah pisang didalamnya terkandung potassium yang diperlukan untuk  mengatasi tertahannya cairan pemicu pembengkakan kaki, serta kram pada ibu hamil. Pisang juga mempunyai kandungan serat dan gula yang dapat membuat ibu hamil  merasakan kenyang lebih lama. Jadi,  jangan lewatkan buah pisang untuk cemilan sehat selama kehamilan bunda.

Demikianlah nutrisi untuk ibu hamil yang wajib bunda ketahui. Selain penting untuk kesehatan bunda, ketujuh sumber nutrisi diatas juga dapat membuat bayi anda sehat. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: