Perbedaan Open Office dan Microsoft Office

Marak-maraknya Operation System Open Source tentu mendongkrak Open Source lainnya. Seperti halnya Software Office yang cukup familiar di masyarakat adalah Open Officce. Kalau dilihat dari segi fungsi antara Microsoft Office dengan Open Office adalah sama yaitu untuk olah data. Lalu apa perbedaan antara Microsoft Office dengan Open Office?

perbedaan open office vs ms office

Perbedaan mendasar Microsoft Office dengan Open Office

Kalau dilihat dari penggunaan antara Ms Office dan Open Office hamppir sama, Tapi begitu dilihat dari segi fitur atau fasilitasnya berbeda.Perbedaan yang mendasar itu adalah:

  • Licensi yang berbeda
    Open Office menggunakan Licensi Open Source GPL (General Public License). Sedangkan Ms Office menggunakan licensi Close SOurce (Berbayar). Vendor pembbuat softwarenya juga berbeda dimana Open Office adalah Sun Microsystem. Sedangkan Microsoft Office dibuat oleh Microsoft.
  • Format atau extension yang berbeda
    Format atau extension antara Open Office dan Ms Office berbeda. Open Office mampu membuka file Microsoft Office, tetapi Microsoft Office tidak bisa membuka file Open Office. Kendati demikian file Office yang dibuka pun terbatas dan tampilannya dan tidak selalu sama jika dibuka dengan Microsoft Office. Terkadang malah menjadi berantakan.
  • Penggunaan daya komputer
    Dari sejak rilis pertama sampai sekarang, Open Office memakan cukup banyak daya komputer, selalu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi, dan jika dijalankan di komputer dengan spesifikasi pas-pasan akan terasa berat saat mengoperasikan Program Open Office ini. Lain halnya dengan Microsoft office yang tidak terlalu memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk menjalankannya.
  • Tampilan yang berbeda
    Kalau dilihat dari segi tampilan, maka Ms office lebih user friendly, karena mayoritas massyarakat menggunakan Microsoft Office sebagai software officenya. Dan dengan tampilan ribbon barunya, Ms Office dapat mempercepat proses pengerjaan dokumen sekitar 30%.
  • Kemampuan menghasilkan file PDF
    Secara default Open Office mampu menghasilkan file PDF, sedangkan Microsoft Office harus menggunakan plugin.

Itu adalah beberapa Perbedaan yang mendasar antara Open Office dengan Microsoft Office. Jika anda butuh software Office tetapi tidak ada cukup dana, tidak ada salahnya menggunakan Open Office. Anda bisa mendownload Aplikasinya disini.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!