Penyebab dan Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Wanita Hamil

Ketika wanita hamil rentan terhadap infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih pada wanita hamil bisa sangat berbahaya bagi ibu dan bayi jika tidak segera diobati. Ibu hamil yang berisiko terkena infeksi saluran kemih yang tinggi, namun penyakit ini sulit untuk dideteksi karena tanda dan gejala penyakit ini tidak jelas, sulit untuk dideteksi. Infeksi saluran kemih pada wanita hamil

Penyebab

Infeksi saluran kemih pada wanita hamil sangat sakit dirasakan yang disebabkan karena volume rahim menekan dan membesar pada kandung kemih dan ureter yang menyebabkan infeksi saluran kemih/ urine stagnan atau disebut juga pielonefritis. urine stagnan disebabkan karena hilangnya spesifisitas, karena ada pergeseran dari kandung kemih retrograde – ureter, sehingga gula urin meningkatkan progestin dan estrogen kemih. Penyakit ini terjadi ketika bakteri dalam saluran pencernaan menempel pada bagian reproduksi.

Gejala Penyakit

Gejala infeksi saluran kemih tidak memiliki tanda khusus, sehingga cara untuk mendeteksi penyakit ini adalah dengan cara tes urine. Idealnya, pada saat pemeriksaan awal kehamilan, wanita hamil harus berkonsultasi pada medis dengan cara tes urine untuk melihat apakah saya infeksi saluran kemih atau tidak.

Tanda-tanda yang jelas dan mudah untuk dideteksi adalah ketika akan buang air kecil, terdapat darah dalam urin dan menyebabkan rasa sakit saat kencing.

Ketika bakteri pindah ke kandung kemih, menyebar ke pelvis renalis melalui ureter menyebabkan infeksi ginjal – pielonefritis. Ini dianggap paling berbahaya dari infeksi saluran kemih.Pasien biasanya mengalami demam tinggi sekitar 39-40 derajat, kelelahan, sakit dan nyeri pada alat kelamin. Jika ini terjadi tidak bisa ditangani sendiri, Anda harus segera datang ke medis untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Bagaimana cara mencegah penyakit

Untuk mencegah infeksi saluran kemih dan penyakit ibu hamil perlu mengambil tes urine dari pertama prenatal check-up, dan kemudian lakukan test kehamilan secara berkala untuk tes urine.

Jika Anda mendapatkan salah satu tanda dan gejala dari penyakit ini, perlu untuk pergi ke rumah sakit dan dirawat, Anda bisa menggunakan antibiotik untuk mengobati tetapi harus dengan resep dokter, karena jika tidak konsumsi antibiotik yang salah dapat mempengaruhi  kesehatan janin.

Sekian itulah tadi informasi tentang kesehatan ibu hamil tentang Infeksi saluran kemih pada wanita hamil. Semoga dengan adanya info ini , ibu dan janin akan sehat selalu.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: