OS X Mountain Lion, Inilah Fitur Barunya

OS X Mountain Lion adalah versi terbaru sistem operasi besutan Apple yang hari ini (25/07/2012) secara resmi telah dijual ke pasaran. Untuk mendapatkannya, pengguna bisa langsung membelinya dari toko offline maupun langsung mengunduhnya dari App Store. Beberapa fitur baru juga disebut oleh Apple telah ditambahkan pada OS X Mountain Lion ini.

os x mountain lion mac 10

Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa fitur baru yang terdapat pada OS X Mountain Lion.

Fitur-fitur Baru Pada OS X Mountain Lion

  • Sinkronisai iCloud lebih baik
    114035_osx1
    Dalam versi OS X sebelumnya, pengguna produk-produk Apple seperti iPod Touch, iPhone dan iPad memang telah bisa melakukan sinkronisasi beberapa aplikasi dengan komputer Mac melalui iCloud. Namun proses sinkronisasi tersebut masih terbatas. Sedangkan pada OS X Mountain Lion ini kemampuan untuk sinkronisasi melalui iCloud akan ditingkatkan. Fitur yang ditambahkan adalah sinkronisai Contacts, Mail, Calendar, Messages, Facetime dan Find My Mac. Saat terjadi perubahan dalam satu file di dalam iCloud, maka data yang ada di dalam perangkat lainnya juga akan mengikutinya.
  • Penggantian fitur iChat dengan Messages
    114131_osx2
    OS X Mountain Lion dilengkapi dengan fitur instan messaging yang sebenarnya bukan fitur baru melainkan fitur pengganti. Fitur ini disebut Messages dan ditujukan untuk menggantikan aplikasi iChat yang dapat digunakan untuk berinteraksi antar pengguna Mac dengan iPod Touch, iPhone dan iPad. Melalui fitur ini, pengguna bisa saling betukar pesan, foto dan video.
  • OS X Mountain Lion Notification Center
    114242_osx3
    Fitur Notification Center pada OS X Mountain Lion akan memudahkan pengguna untuk melihat berbagai notifikasi dari aplikasi yang sedang berjalan melalui satu jendela khusus di bagian kanan layar. Fitur ini adalah update yang serupa dengan fitur yang ada pada iOS 5 dan merupakan salah satu major update.
  • Share di Safari
    114352_osx4
    Browser Safari pada OS X Mountain Lion kini tidak hanya berfungsi sebagai peramban halaman web, tetapi pengguna juga bisa langsung melakukan share dari halaman web yang sedang dikunjunginya melalui email, Facebook dan Twitter. Selain itu pengguna juga dapat membagikan link yang disertai dengan foto yang diambil dari iPhoto atau Photo Both.
  • Airplay Mirroring
    114636_osx6
    Fitur Airplay Mirroring pada OS X Mountain Lion memungkinkan untuk menampilkan gambar dari komputer Mac ke sebuah monitor atau TV dengan layar yang lebih besar secara nirkabel. Namun dibutuhkan perangkat tambahan berupa Apple TV.
Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: