Menu Makanan Untuk Diet Sehat

Anda merasa mempunyai berat badan yang berlebih dan ingin diet? Sebelum melakukan diet, Anda harus mengetahui bahwa diet bukan hanya sebatas mengurangi jumlah porsi makanan ataupun membatasi berbagai jenis makanan yang dikonsumsi bahkan tidak makan sama sekali. Dalam melakukan diet, Anda juga tetap bisa makan dengan porsi yang biasa Anda makan. Namun Anda harus bisa selektif dalam memilih makanan yang Anda konsumsi agar diet yang Anda lakukan menjadi diet yang sehat.

menu makanan untuk diet sehat

Berikut ini makanan yang bisa Anda konsumsi untuk diet sehat.

  • Sayuran
    Mengkonsumsi sayuran memang menyehatkan badan. Namun saat diet, pilihlah sayuran yang berwarna hijau. Mengapa harus sayuran hijau? Karena sayuran hijau memiliki kadar kalori yang rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar sebab hal tersebut tidak akan membuat Anda gemuk. Sayuran hijau juga kaya akan serat yang akan membantu melancarkan pencernaan Anda.
  • Apel
    Buah yang dikenal kaya akan manfaat ini, selain sehat juga bisa menjadi menu hidangan diet Anda. Apel memiliki kandungan serat yang banyak dan buah segar ini merupakan buah yang mengenyangkan. Dengan mengkonsumsi buah apel, Anda akan menjadi kenyang dan tentunya akan mengurangi nafsu makan Anda.
  • Tahu
    Makanan hasil olahan dari kedelai ini memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Penelitian dari ahli kesehatan menyebutkan bahwa seorang wanita gemuk yang lebih dahulu makan tahu maka akan membuatnya makan malam dalam jumlah yang sedikit. Tapi yang perlu diingat adalah memakan tahu tanpa tambahan lain, seperti gula karena hal tersebut hanya akan mengacaukan diet sehat Anda.
  • Kacang Almon
    Dengan mengkonsumsi kacang almon, Anda akan merasa kenyang. Hal ini terkait dengan kacang almon yang memiliki kandungan penilalnin, yaitu asam asmino yang bisa merangsang sekresi hormon kolesistokinin (CCK). Hormon CCK ini lah yang membuat nafsu makan Anda berkurang.
  • Gandum
    Gandum memang terkenal sebagai sumber makanan yang mengandung banyak serat. Selain sehat untuk dikonsumsi, gandum juga dapat mengurangi nafsu makan dan berat badan. Agar sajian gandum Anda tidak membosankan sekaligus meningkatkan jumlah kandungan serat, Anda dapat menambahkan strawberry atau blueberry.
  • Kaldu Sayuran
    Cobalah untuk konsumsi kaldu sayuran. Anda dapat merebus berbagai jenis sayuran dan meminum air rebusannya. Namun jangan tambahkan MSG dan jangan terlalu lama merebusnya agar lebih terasa segar. Mengkonsumsi kaldu sayuran selama diet akan lebih menyehatkan dan mengeyangkan.
  • Air Putih
    Bukan rahasia lagi, bahwa air putih merupakan minuman yang paling menyehatkan. Anda tetap bisa mengkonsumsi air putih saat melakukan diet. Cara yang efektif mengkonsumsi air putih saat diet adalah dengan meminum segelas air putih sebelum makan. Dengan begitu maka nafsu makan Anda akan berkurang.

Anda bisa mencoba berbagai makan tersebut dan mengkombinasikannya. Selain mudah didapatkan, makanan tersebut akan sangat membantu program diet sehat yang sedang Anda jalankan. Selamat mencoba.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!