Menu Makanan Khusus Untuk Penderita Diabetes

Mengingat diabetes adalah penyakit yang menyangkut pola makan, jadi menu makanan untuk penderita diabetes harus sangat diperhatikan.  Diabetes adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin pada pankreas. Hormon insulin adalah sebuah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah jadi jika produksi hormon ini berkurang maka kadar gula dalam darah akan meningkat dan melebihi batas normal. Akibatnya jika penderita mengalami luka akan susah untuk diobati karena darahnya sukar membeku.

Penyakit diabetes tergolong penyakit yang sulit atau bahkan tidak dapat disembuhkan tetapi, tidak berarti juga penderitanya tidak dapat menjalani aktifitas seperti orang normal lainnya. Salah satu cara agar penderita diabetes tetap dapat menjalani aktifitas seperti biasanya adalah dengan mengontrol pola makan dan asupan yang harus dimakan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes.

  • Makanan yang dilarang atau menjadi pantangan penderita diabetes
    • Gula
      Yang menjadi masalah utama dari diabetes adalah kadar gula dalam darah yang berlebih jadi jangan sekali – kali menambah kadar gula tersebut. Hindari atau kurangi asupan gula yang benyak mengandung kalori. Sebaiknya ganti gula anda dengan gula yang rendah kalori.
    • Kopi
      Kopi mengandung kafein yang dapat memperberat kerja  kelenjar pankreas yang bertugas untuk memproduksi hormon insulin. Jika kerja pankreas terganggu maka produksi dari hormon insulin juga tidak optimal.
    • Alkohol
      Bukan hanya untuk penderita diabetes saja alkohol juga tidak baik untuk dikonsumsi siapapun karena alkohol dapat merusak organ dalam tubuh termasuk juga pankreas.
    • Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi
      Nasi adalah salah satu makanan yang menjadi sumberkarbohidrat yang tinggi, jadi untuk penderita diabetes sebaiknya mengganti nasi dengan bahan makanan yang berkarbohidrat rendah seperti gandum, sereal atau beras merah.
  • Makanan yang baik atau dianjurkan untuk penderita diabetes
    • Gandum dan beras merah
      Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk dijadikan sumber energi. Tetapi bagi anda yang menderita diabetes harus berhati – hati dengan makanan yang mengandung karbohidrat berlebih seperti nasi putih, oleh karena itu gantilah nasi putih dengan gandum dan beras merah yang memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah.
    • Sayuran
      Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan karena memang sayuran kaya akan mineral, vitamin dan juga serat. Konsumsi sayuran seperti buncis, bayam dan brokoli dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
    • Kacang hijau
      Kancang mengandung nutrisi, dengan mengkonsumsi kacang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anda. kacang juga kaya akan serat dan juga magnesium serta kalium.
    • Buah buahan
      Pepaya, apel, pir dan jeruk adalah buah – buahan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, namun tidak semua buah baik untuk dikonsumsi buah – buahan seperti mangga, pisang dan anggur sebaiknya dihindari karena mengandung friktosa tinggi.

Selain mengatur makanan untuk penderita diabetes, oleh raga juga sangat penting untuk dilakukan. karena dengan berolahraga dapat membantu mmbakar kalori dalam tubuh.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: