Mengetahui Tanda Tanda Mata Minus, Penyebab dan Pencegahannya

Tanda tanda mata minus ada beberapa macam, dan ini harus kita ketahui supaya bisa diatasi dengan cepat. Mata minus atau Miopia adalah gangguan pandangan yang diakibatkan oleh kesalahan bias umum di mata yang menjadikan mata tidak dapat fokus melihat benda yang jauh. Artinya, orang yang mengidap gejala mata minus tetap jelas melihat  objek yang dekat, tetapi saat memandang objek yang jauh penglihatannya akan kabur atau buram. penyebabsakit mata

Masalah mata minus dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Oleh karena itu perlu diketahui cara apa saja yang harus dilakukan guna menjaga kesehatan mata supaya terhindar dari  mata minus.

Mata minus adalah gangguan mata yang sering terjadi, tetapi hal ini bukan merupakan penyakit mata. Masalah ini timbul karena kesalahan bias, dimana mata tak bisa membiaskan cahaya secara benar menuju titik fokus tunggal agar bisa melihat sebuah objek secara jelas.

Dalam kondisi  normal, retina akan difokuskan ke objek di belakang mata, tetapi dalam kondisi mata minus titik fokus jatuh pendek di retina, dengan demikian penderita hanya bisa melihat objek dekat dengan jelas, tetapi objek yang jauh akan nampak buram.

Penyebab Mata Minus

Alasan yang tepat mengenai masalah mata minus yang menimpa seseorang belum seutuhnya dipahami. Akan tetapi beberapa faktor dibawah ini diyakini bisa meningkatkan resiko seseorang mempunyai mata minus, diantaranya sebagai berikut :

Faktor Keturunan

Seseorang yang mempunyai masalah mata minus bisa menurunkan resiko tersebut kepada keturunannya kelak.

Mata Mengalami Stres

Adanya stress mata secara berlebihan dalan waktu yang panjang bisa menimbulkan resiko seseorang terkena mata minus. Stres dapat diakibatkan oleh suatu kegiatan yang memerlukan jarak penglihatan yang  dekat.

Tanda-tanda Mata Mengalami Minus

Dibawah ini merupakan tanda gejala mata minus yang perlu kita ketahui.

Pusing Atau Sakit Kepala

Orang yang mempunyai masalah mata minus bisa mengakibatkan sakit kepala atau pusing. Hal ini terjadi karena ketegangan mata yang meningkat sehingga menyebabkan mata menjadi lelah. Selain itu salah satu faktor yang menyebabkan sakit kepala antara lain karena aliran darah yang terhambat ke bagian kepala.

Sering Mengedip Atau Mengucek Mata

Tindakan seperti ini kerap kali dilakukan oleh pengidap mata minus,  tujuannya untuk memperjelas pandangan yang sebelumnya nampak kabur. Kebanyakan orang yang tidak menyadari bahwa mengucek mata memakai tangan adalah tindakan yang berbahaya. Hal ini justru akan semakin memperburuk pandangan anda serta mengakibatkan kerusakan saraf di mata.

Penglihatan Buruk di Malam Hari

Tanda tanda mata minus bertambah, seseorang akan merasa kesulitan saat melihat. Hal ini terutama ketika sedang mengendarai kendaraan di malam hari. Atau kita kenal dengan night myopia.

Penglihatan Kabur atau Buram

Situasi ini biasanya terjadi ketika seseorang berusaha memandang sebuah benda yang jaraknya jauh. Untuk mengatasi hal ini, umumnya penderita akan menyipitkan matanya dengan terus-terusan, atau mendekati objek yang ingin dilihat.

Melihat Benda Lebih Dekat

Bila ingin melihat dengan jelas, orang yang mengalami mata minus umumnya akan lebih mendekat kepada objek yang ingin dilihat. Misalnya, ketika nonton TV, membaca, dan sebagainya.

Gejala mata minus juga dapat menjadi indikasi bila kadar gula darah sedang tidak normal pada penderita kencing manis, atau tanda awal terkena katarak. Untuk mengatasi masalah mata minus, seharusnya anda mengetahui serta memahami gejala yang sedang dialami. Memelihara kesahatan mata tentu sangat penting untuk dilakukan, karena mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berharga.

Cara Mencegah Mata Minus

Walaupun masalah mata minus tidak bisa diobati, tetapi orang yang mempunyai gangguan ini bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan antara lain :

  • Ketika melakukan aktifitas membaca, disarankan berada di area yang terang, atau area yang mempunyai sistem pencahayaan yang cukup. Bila anda melakukan aktifitas tersebut di area yang gelap maka bisa mengakibatkan mata menjadi cepat lelah, akibat dipaksa bekerja terlalu keras.
  • Hindari melakukan aktifitas membaca dengan jarak yang terlampau dekat.
  • Hidari kebiasaan buruk membaca yang dilakukan sambil tiduran.
  • Lakukanlah beberapa olahraga mata yang bisa melatih otot mata supaya menjadi elastis dan kuat.
  • Hindari kebiasaan nonton Tv. Dengan jarak yang amat dekat dalam waktu yang lama.
  • Hindari pemakaian komputer dengan jarak mata ke layar monitor terlalu dekat. Sehabis melihat monitor dalam waktu tertentu, ada baiknya alihkan penglihatan mata pada benda lain di area yang berbeda.
  • Latihlah mata untuk memandang objek dengan jarak jauh.
  • Konsumsilah makanan yang didalamnya kaya akan kandungan betakaroten, vitamin A, dan nutrisi lainnya, serta jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.

Demikianlah artikel singkat mengenai tanda tanda mata minus yang perlu kita ketahui bersama. Dengan mengetahui gejala, tanda dan pencegahan diatas diharapkan kita dapat terhindar dari masalah mata minus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: