Mengetahui Penyebab Sakit Mata dan Cara Efektif Mencegahnya

Penyebab sakit mata pasti sebagian besar orang pernah mengalaminya. Hal ini jangan dianggap sepele karena mata adalah jendela dunia, yang sangat penting dalam kehidupan kita. Pada dasarnya mata mempunyai sebuah susunan yang kompleks, yang mana, satu bagian terhubung dengan bagian yang lainnya. penyebabsakit mata

Penyebab sakit mata dapat di kelompokkan menjadi 2 kategori , antara lain :

  • Sakit di area permukaan mata (ocular)
  • Sakit dibagian dalam orbit mata (orbital)

Sekarang admin akan coba membahas pemicu sakit mata yang berdasarkan  dari 2 kategori diatas :

Sakit dipermukaan mata

Rasa sakit di area permukaan mata merupakan rasa sakit yang bersumber dari luar susunan permukaan mata, salah satu penyebabnya yaitu :

Lecet kornea

Lecet kornea kerap menjadi penyebab  sakit mata.  Kornea merupakan salah satu area pada mata yang nampak transparan, lembut serta sensitif. Lecet umumnya terjadi karena goresan di permukaan kornea, bisa jadi karena benda asing atau keseringan memakai lensa kontak.

Efek Kimia

Efek Kimia adalah pemicu yang sangat signifikan terhadap sakit mata, efek Kimia yang dimaksud yaitu zat basa atau asam, misalnya pemutih dan pembersih rumah tangga.

Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan satu gangguan mata yang sangat umum. Penyebab sakit mata konjungtivitis ini diakibatkan oleh bakteri, alergi, kimia, atau peradangan virus. Ciri-ciri sakit mata ini antara lain : mata menjadi berwarna merah muda, rasa sakit bisa tidak ada atau ringan, Gatal, serta kemerahan.

Efek Luka Bakar

Luka bakar umumnya bersumber dari  cahaya yang kuat, seperti pancaran las api atau sinar matahari serta alat penerangan yang mempunyai kapasitas cahaya yang tinggi.

Radang kelopak mata

Masalah ini umumnya terjadi karena terpasangnya kelenjar minyak di pinggir kelopak mata.

Faktor Lain – lain

Bisa terjadi karena iritasi mata, yang diawali oleh benjolan kecil di mata Anda. Benjolan ini terbentuk karena kelenjar minyak mata yang ubnormal. sehingga mengakibatkan iritasi mata yang sangat menyakitkan.

Sakit didalam orbit mata (orbital)

Dibawah ini merupakan penyebab sakit mata yang disebabkan oleh orbital :

Iritis

Merupakan radang pada iris, atau di area berwarna dari mata, yang mengakibatkan rasa sakit mata.

Sinusitis

Hal ini merupakan infeksi virus atau bakteri dari sinus, bakteri ini  mengakibatkan rasa nyeri di lekuk mata atau orbital.

Glaukoma

Pada umumnya kasus glaukoma tidak menyebabkan rasa sakit. Penyebab sakit mata glaukoma ini dipicu oleh meningkatknya tekanan intraokular, atau tekanan internal mata, yang mengakibatkan cacat pandangan dan kebutaan bila tidak diobati.

Migran

Migran merupakan penyebab yang kerap menjadi pemicu nyeri orbital mata yang berhubungan dengan migrain.

Cara Mencegah Sakit Mata

Dibawah ini ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan supaya terhindar dari sakit mata :

Hindari Bertukar Barang

Hindari berbagi barang pribadi misalnya, kacamata, perias mata, handuk, sapu tangan, serta lensa kontak dengan orang lain.

Jagalah Kebersihan

Jagalah kebersihan alat yang berhubungan dengan mata seperti lensa kontak, atau kacamata yang sering dipakai.

Hindari Menyentuh Mata

Sehabis bepergian atau bersentuhan dengan barang orang yang sedang sakit mata, segeralah untuk membasuh tangan memakai sabun pembersih khusus, sebelum memegang mata.

Hindari Mengucek Mata

Jangan mengucek mata sebelum mencuci tangan sampai bersih. Hal ini untuk menghindari goresan mata, serta infeksi bakteri yang bisa saja menempel ditangan.

Pakailah Pelindung Mata

Pakailah pelindung mata seperti kacamata bila berada di area yang beresiko tertular sakit mata. Atau saat  anda mengendarai motor supaya tidak kemasukan angin atau debu yang bisa mengakibatkan iritasi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penyebab sakit mata yang harus kita ketahui, agar sebisa mungkin dapat kita hindari. Hal ini tentu untuk memperoleh mata yang sehat seutuhnya, karena mata adalah jendela dunia. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: