Mengenal Software Open Source

Sebelum kita mengenal Software Open Source, ada baiknya kita tahu tentang Licensi terhadap suatu produk dalam hal ini adalah Software. Secara garis besar ada dua licensi software yang umum dipakai yaitu:

  1. FOSS (Free/Open Source Software) adalah Dua istilah yang maksudnya hampir sama yaitu program yang tidak perlu biaya izin (Free = Bebas) penggunaan dan source code-nya tidak disembunyikan (Open = Terbuka/tersedia) sehingga cara kerjanya bisa dipelajari untuk kemudian bisa dikembangkan dan disebarluaskan. Seperti : Linux,Open Office,GIMP, dan lain-lain.
  2. PCSS (Propiertary/Close Source Software adalah Program yang hanya dimiliki pembuatnya (terikat). Pengguna hanya dapat menggunakan jika membeli licensi (mendapatkan izin). Pihak lain tidak dapat mempelajari cara kerja softrware tersebut karena bersifat tertutup (Close Source), sehingga tidak bisa mengembangkan dan menyebarluaskan. Seperti : Windows,MS Office,Photoshop,dan lain-lain.

mengenal software open source

Open source tidak hanya bermakna kebebasan akses ke source codenya saja. Tetapi open source juga merupakan:

  • Sebuah komunitas kuat yang terdiri atas individu-individu yang lebih mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan umum dibandingkan dirinya sendiri.
  • Seperangkat aturan licensi software. Open source bukanlah tanpa licensi, sebab ini berkaitan dengan hukum. Agar Open Source dapat menjadi legal dimata hukum diperlukan aturan licensi open source.
  • Sebuah model pengmbangan software secara kolaboratif. Dimana setiap orang dapat ikut berpartisipasi dalam pengembagan software tersebut.
  • Sebagai katalis yang membangkitkan bisnis dan model bisnis yang belum pernah ada sebelumnya. Tidak ada bisnis dalam sistem Open Source itu sendiri karena ia hanyalah alat. Tetapi Open Source dapat digunakan untuk menjalankan bisnis dengan lebih efisien atau mengembangkan model bisnis baru disekitar pemanfaatan open source.
  • Kekuatan yang mendorong percepatan software menjadi komoditi.
Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!