Mengatasi Benda Asing Masuk Ke Dalam Telinga Anak

Masuknya benda asing ke dalam telinga anak adalah salah satu wujud dari rasa penasaran dan keingintahuan dari anak. Terkadang anak – anak tidak sengaja memasukan apa saja yang dia temui ke dalam organ tubuhnya tidak terkecuali telinga. Beras, biji kacang serta cottonbuds adalah benda yang sering dimasukan ke dalam telinga yang bisa saja ketika benda tersebut dimasukan jika dikeluarkan masih terdapat bagian yang tertinggal. Biasanya ketika ada sesuatu yang menyebabkan telinga mereka terganggu, biasanya si kecil akan mengeluhkan beberapa hal seperti rasa sakit pada telinganya, pendengaran yang terkadang terganggu atau ada cairan yang keluar dari dalam telinganya. Ketika hal tersebut terjadi, anda tidak perlu khawatir ataupun panik.

    1. langkah awal yang dapat anda lakukan adalah periksa telinga anak anda dan lihatlah seberapa dalam benda tersebut masuk ke dalam telinganya.
    2. Setelah anda mengetahui seberapa dalam benda itu masuk dan jenis benda apakah yang masuk kemudian lakukan langkah yang kedua untuk mengatasi benda asing yang masuk ke dalam telinga yaitu sesuaikan penanganan yang akan anda berikan dengan jenis benda yang masuk ke dalam telinga.
      • Jika yang masuk adalah benda padat dan masih dekat dengan daun telinga maka anda dapat mencoba mangeluarkannya dengan menggunakan pinset yang telah direndam dengan alkohol 70%. Tetapi jika letak benda sudah masuk ke dalam maka untuk menghindari resiko anda dapat membawa anak ke dokter spesialis THT agar memperoleh penananganan dengan tepat.
      • Tetapi jika yang masuk adalah akhluk hidup seperti seragga, maka yang harus anda lakukan pertama kali adalah mematikan serangga agar serangga tidak menggigit telinga anak anda. segera mirigkan telinga anak anda kemudian teteskan baby oil ke dalam telinga kemudian tutup lubang telinga dengan maksud agar hewan yang ada di dalam telinga kehabisan oksigen dan kemudian mati. Setelah itu mintalah anak anda untuk memiringkan telinganya kearah yang berlawanan agar cairan yang tadi dimasukan ke dalam telinga dapat keluar bersamaan dengan serangga di dalamnya.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi benda asing yang masuk ke dalam telinga anak anda. semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: