Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Mentimun atau yang juga biasa disebut dengan timun merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman merambat yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus L. Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini biasanya dimakan mentah sebagai lalapan atau diolah menjadi sayur serta jus. Timun memiliki daging buah berwarna putih dengan tekstur renyah serta mengandung banyak air. Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Mentimun memiliki rasa hambar namun kandungan airnya yang tinggi membuat buah ini sangat menyegarkan sehingga cocok untuk diolah menjadi jus atau dimakan sebagai lalapan. Selain dimanfaatkan sebagai kuliner, buah mentimun juga banyak ditemukan dalam produk kecantikan. Hal ini dikarenakan Manfaat Mentimun yang dapat menjaga kelembaban kulit wajah.

Kandungan Gizi Mentimun

Sama seperti buah tomat, mentimun juga kaya akan zat kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Buah mentimun juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral bermanfaat lain.

Kandungan Gizi Mentimun Per 100 Gram

  • Energi 16 Kcal
  • Gula 1,67 gram
  • Serat 0,5 gram
  • Lemak 0,11 gram
  • Protein 0,65 gram
  • Air 95,23 gram
  • Flouride 0,001 mg
  • Vitamin B 0,47 mg
  • Vitamin C 2,8 mg
  • Vitamin K 0,016 mg
  • Kalsium 16 mg
  • Besi 0,28 mg
  • Magnesium 13 mg
  • Mangan 0,08 mg
  • Fosfor 24 mg
  • Kalium 147 mg
  • Sodium 2 mg
  • Seng 0,2 mg

Khasiat dan Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Selama ini buah mentimun dikenal sebagai buah yang sangat ampuh untuk mengatasi darah tinggi. Manfaat Mentimun sebenarnya masih banyak lagi, dari untuk mempercantik kulit hingga untuk mencegah kanker.

Mengatasi Kulit Kering

Buah mentimun 90% terdiri dari air. Hal ini membuat mentimun memiliki sifat menyejukkan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelembab alami kulit. Buah ini juga mengandung antioksidan, terutama vitamin C, serta berbagai mineral seperti seng dan kalium yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Buah mentimun yang masih segar dapat anda jadikan sebagai masker kulit yang sangat efektif untuk mengatasi kulit kering.

Menghilangkan “Mata Panda”

Orang yang kurang tidur seringkali memiliki lingkar mata yang bengkak dan hitam yang biasa disebut dengan mata panda. Penggunaan masker mentimun dapat mengatasi masalah ini. Caranya cukup dengan menghaluskan mentimun segar secukupnya lalu tempelkan pada kantung mata yang menghitam. Kandungan Asam askorbat dalam buah ini akan segera menghilangkan bengkak yang menjadi penyebab mata panda. Masker mentimun ini juga efektif untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

Mengatasi Hipertensi

Buah mentimun sudah sejak lama dikenal dapat mengatasi gejala tekanan darah tinggi (hipertensi). Mengkonsumsi satu buah mentimun segar yang masih mentah setiap hari akan membantu menormalkan tekanan darah anda. Hal ini dikarenakan mentimun kaya akan kandungan kalium dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Baik Untuk Pencernaan

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit yang disebabkan oleh susah buang air besar. Mengkonsumsi mentimun juga diketahui dapat menghentikan produksi asam lambung berlebihan sehingga sangat cocok untuk mengobati maag dan tukak lambung.

Mencegah Kanker

Buah mentimun mengandung senyawa secoisolariciresinol dan pinoresinol yang merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kedua senyawa ini sangat efektif untuk melawan kanker prostat dan ovarium.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Apakah anda memiliki masalah dengan bau mulut? Mengunyah mentimun segar setiap hari dapat membantu meredakan masalah anda ini. Buah mentimun mengandung berbagai zat fitokimia yang sangat efektif untuk mengusir bakteri penyebab berbagai masalah mulut seperti sariawan, gusi bengkak, serta bau mulut.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun dapat berperan sebagai diuretik untuk membersihkan saluran urin serta ginjal. Mengkonsumsi mentimun akan menyebabkan naiknya produksi urin sehingga lebih banyak racun dan mineral sisa yang dapat dibuang keluar tubuh.

Mengatasi Cacingan

Biji mentimun mengandung zat hipoxanti yang diketahui dapat mengusir cacing pita dari tubuh. Untuk itu jangan buang biji mentimun karena kandungan zat hipoxanti-nya yang tinggi ini.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan. Semoga informasi manfaat buah mentimun diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat berguna dan menambah wawasan kita semua. Salam sehat selalu!

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: