Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat daun sirsak memang banyak ragamnya, daun yang berasal dari pohon yang memiliki nama latin Annona muricata L ini adalah tumbuhan serbaguna yang berasal dari benua Amerika tepatnya di amerika tengah, selatan dan karibia.  Pohon sirsak adalah salah satu pohon serbaguna yang memiliki banyak manfaat mulai dari daun sirsak dan buahnya. Di dalam daun sirsak terdapat kandungan annonaceous acetogenins yaitu semacam zat anti kanker, antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan beberapa zat lainnya seperi saponin, polifenol, dan bioflavonoid yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa manfaat daun sirsak yang telah terbukti untuk kesehatan adalah antara lain sebagai obat anti kanker, obat asam urat, rematik, sakit pinggang, obat bisul dan menghindari tubuh dari infeksi. Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa salah satu manfaat daun sirsak adalah sebagai obat asam urat. Ya penyakit yang satu ini adalah penyakit yang disebabkan oleh asam urat yang mengkristal sehingga menyebabkan rasa nyeri dan sakit di bagian persendian dan ternyata terdapat cara praktis yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini yaitu mengambil manfaat dari daun sirsak. Cara memanfaatkan daun sirsak untuk obat yaitu dengan cara :

  1. Pilihlah 5 – 10 helai daun sirsak yang dalam keadaan baik
  2. Cucilah daun – daun tersebut dengan menggunakan air bersih yang mengalir
  3. Potong lah daun – daun tersebut menjadi beberapa bagian
  4. Rebuslah daun sirsak tersebut dengan menggunakan air kurang lebih 2 gelas air
  5. Tunggu hingga mendidih
  6. Setelah mendidih saring air rebusan agar daun daun tidak ikut terminum
  7. Minum air rebusan daun sirsak
  8. Minumlah secara rutin 2 kali sehari.
  9. Dapat juga dilakukan dengan cara menumbuk halus daun sirsak dan kemudian oleskan kebagian yang merasa sakit.

Demikianlah manfaat daun sirsak untuk mengobati asam urat. Tentunya cara diatas pantas dicoba selain murah khasiatnya juga dapat langsung dirasakan.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: