Macam macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan beberapa komputer dan juga perangkat jaringan yang lainnya seperti hub, switch, kabel, router dan yang lainnya dan di desain untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya dan mengakses informasi yang ada. Ada beberapa tujuan utama dari jaringan yaitu untuk komunikasi seperti email, instant messaging, atau chatting. Bisa juga sebagai akses informasi sebagai web browsing, dan juga membagi sumber daya seperti pemakaian CPU, printer, harddisk, dan RAM.

macam jaringan komputer

Berikut adalah macam-macam jaringan komputer yang harus diketahui.

  • LAN atau local area network adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal yang dihubungkan oleh kabel seberpti Hub, Switch, Router, UTP, dan yang lainnya yang bisa dipakai secara bersamaan. Biasanya jaringan LAN ini digunakan untuk komputer-komputer di kantor, warnet, laboratorium, dan lainnya. Keuntungan yang didapat untuk menggunakan LAN adalah pengeluaran untuk biaya operasionalnya lebih irit, begitu juga dengan penggunaan kabel dan transfer data pun lebih cepat karena wilayah yang dicakup sempit karena lokal dan tidak memerlukan operator yang membuat jaringan LAN. Namun begitu ada kerugian yang ditimbulkan oleh LAN yaitu cakupan wilayahnya yang sempit sehingga sulit untuk berkomunikasi ke luar jaringan.
  • Metropolitan area network. Sama saja seperti LAN, namun untuk MAN jangkauan yang dimiliki lebih luas. Biasanya MAN dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota yang lainnya. Keuntunganya adalah cakupannya yang luas sehingga lebih efisien untuk berkomunikasi. Jadi pengguna MAN bisa dimudahkan untuk hal bisnis dan juga keamanan pada jaringan yang lebih baik. Namun kerugiannya adalah penggunaaan biaya operasional yang lebih banyak. Dan untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Wide area network atau WAN yang menghubungkan satu jaringan dari satu negara ke negara lain atau bahkan antar benua. Keuntungannya adalah cakupan wilayah yang lebih luas daripada jaringan yang lainnya sehingga untuk berkomunikasi pun lebih leluasa. Sedangkan kekurangannya adalah biaya yang bertambah banyak dan juga lebih membahayakan data-data yang bisa dicuri.
  • Internet. Semua orang sudah tahu bahwa internet adalah jaringan komputer yang bisa menghubungkan jaringan di seluruh dunia dengan bantuan satelit. Keuntungannya tentu saja berkomunikasi lebih leluasa dan mudah. Tidak hanya komunikasi saja namun untuk perkembangan ilmu pengetahuan lebih cepat. Namun kerugiannya adalah kejahatan dunia maya yang semakin meluas dan juga pornografi serta transaksi barang-barang berbahaya menjadi semakin mudah.
Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: