Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Gejala dari kanker payudara harus segera kita ketahui terutama kita sebagai wanita, karena kanker jenis ini adalah salah satu pembunuh wanita paling berbahaya di seluruh dunia. Kanker payudara adalah sebuah penyakit yang dikarenakan adanya pembelahan sel – sel payudara secara terus menerus sehingga pertumbuhannya tidak terkendali. Kanker payudara ini adalah salah satu kanker yang menghawatirkan karena pada awal – awal terjadinya tidak menimbulkan atau memberikan gejala yang berarti untuk tubuh. tanda – tanda atau gejala baru akan muncul setelah kanker menyebar dan berkembang. Dan yang lebih membahayakan lagi, jika sudah parah kanker ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.  Oleh karena itu, penting untuk kaum wanita yang tentunya memiliki potensi lebih besar terkena kanker payudara dibandingkan dengan kaum pria mengenali sejak dini gejala dari kanker payudara tersebut.

  1. Perubahan dari payudara anda
    Pantaulah payudara anda secara berkala. Amati setiap perubahan yang ada apabila ada perubahan seperti adanya benjolan, perubahan warna kulit menjadi kemerahan atau adanya penebalan pada kulit sekitar payudara anda harus waspada jangan – jangan itu adalah salah satu gejala awal dari kanker payudara. Benjolan yang terjadi biasanya berisi cairan, yang dapat diatasi dengan melakukan penyedotan cairan tersebut.
  2. Rasa nyeri yang sering terjadi pada payudara
    Apabila anda sering merasa nyeri pada bagian payudara anda anda patut berwaspada. Walaupun rasa nyeri juga bukan merupakan indikasi khusus adanya kanker, tetapi tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi kepada dokter jika anda sering merasa nyeri terutama nyeri tersebut berlangsung lama.
  3. Keluar cairan yang tidak biasa dari payudara
    payudara memang jalan keluarnya cairan yang disebut ASI, tetapi cairan yang dimaksud sebagai gejala kanker payudara ini berbeda. Ada beberapa cairan yang dapat dijadikan indikator dari kanker payudara, yaitu cairan yang berwarna hijau, atau cairan yang tercampur darah adalah cairan yang dapat keluar dari payudara yang berasal dari tumor atau kanker.
  4. Perbesaran pada kelenjar getah bening
    Jika anda mengalami perbesaran atau pembengkakan pada kelenjar getah bening terutama dibagian ketiak, paha atau leher terlebih lagi jika benjolan tersebut terus membesar, anda patut waspada.
  5. Terjadi eksema atau erosi pada puting susu
    Eksema dapat terjadi karena puting susu tertarik ke dalam dan mengkerut kemudian berubah menjadi borok dan dapat membusuk sehingga merusak payudara.

Demikianlah gejala kanker payudara yang harus kita waspadai. Jika anda mengalami gejala diatas maka segerakanlah berkonsultasi ke dokter.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: