Kenali Gejala Dan Cara Merawat Anak Autis

Anak adalah amanat dari Tuhan yang patut kita syukuri dan kita jaga meskipun memiliki kelainan autisme, kita juga harus tetap merawatnya dengan sebaik–baiknya. Merawat anak autis harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan keperdulian. Autisme atau dalam bahasa medisnya disebut juga Autistic Spectrum Disorder adalah sebuah kelainan pada otak yang disebabkan  karena terganggunya fungsi saraf otak, yang mengakibatkan si anak sulit untuk berinteraksi dengan lingkungannya, sehingga anak yang memiliki kelainan ini seakan – akan memiliki dunianya sendiri dan terkadang tidak memperdulikan orang lain atau lingkungan disekitarnya. Ada beberapa gejala atau tanda – tanda khusus yang terlihat pada seorang anak yang menderita autisme ketika masih berada pada kisaran umur bibawah 3 tahun, antara lain:

  1. Anak biasanya sulit berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain karena kurang memahami apa yang dikatakan orang lain.
  2. Biasanya anak yang memiliki kelainan autisme cenderung lebih senang bermain sendiri dan tidak memperdulikan orang lain.
  3. Ketika diajak berbicara maka pandangan matanya tidak tertuju pada si pembicara tetapi justru cenderung mengalihkan perhatian dari lawan bicaranya
  4. Terkadang anak penderita autis dapat marah atau menangis dengan tiba – tiba dan tanpa sebab.

Oleh karena itu, merawat anak penderita autis harus dilakukan dengan penuh kesabaran, perhatian dan juga ketekunan agar si anak dapat sembuh dan dapat tumbuh seperti anak normal lainnya. Beberapa cara dapat anda gunakan untuk merawat anak autis antara lain :

  1. Dalam berbicara atau berkomunikasi dengan anak haruslah bersabar. Bicaralah dengan perlahan – lahan dan beritahukan apa maksud anda. memang cara ini tidak secara langsung berhasil tetapi dengan ketekunan dan kesabaran maka usaha ini akan membuahkan hasil
  2. Gunakan juga permainan atau buku dongeng untuk berkomunikasi dengan anak.
  3.  Berikan pujian dan perhatian kepada anak setelah melakukan sesuatu. Pujian dan perhatian juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara efektif untuk merawat anak autis karena pujian dan juga perhatian dapat dijadikan bentuk kasih sayang dari orang tua kepada anak. Menurut penelitian di Paris, bahwa ikatan emosi antara orang tua dengan anak autis dapat menstimulasi kepekaan anak kepada lingkungan sekitarnya.
  4. Pada anak penderita autis biasanya emosinya tidak stabil oleh karena itu pahamilah emosi dari anak. Jangan sekali – kali membentak atau berbicara keras karena itu dapat membuat anak tidak bersimpati kepada anda.
  5. Pemilihan sekolah yang tepat juga harus anda perhatikan pilihlah sekolah yang berkualitas dan terjamin mutunya. Dan ikutkan juga kegiatan ekstra agar melatih anak untuk lebih banyak bergaul serta berinteraksi dengan orang lain.

Itulah tadi ulasan singkat tentang merawat anak autis. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: