Inilah Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E

Dalam hidup ini, untuk selalu menjaga agar tubuh kita tetap fit memerlukan asupan nutrisi. Salah satunya adalah Vitamin. Vitamin E diperlukan bagi tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu Vitamin E juga perlu untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Vitamin E banyak dikenal sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel. Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Disamping itu, Vitamin E atau tokoferol adalah sejenis vitamin larut lemak yang secara alami ada pada makanan tertentu. Vitamin ini terkandung dalam wujud berupa sayur, buah, atau yang bersifat hewani. Sumber makanan yang mengandung vitamin E disarankan agar selalu ada dalam setiap menu makanan harian kita. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian kita.

Pentingnya Makanan Yang Mengandung Vitamin E Bagi Tubuh

Setiap hari pada orang dewasa memerlukan asupan Vitamin E sekitar 15 mg. Dosis yang lebih tinggi disarankan agar dikonsumsi oleh wanita hamil juga menyusui, yakni sekitar 19 mg setiap hari.

Sayangnya dalam penggunaan suplemen vitamin E ini memang masih menimbulkan kontroversi. Sebagian ahli ternyata masih meragukan efektivitas dari suplemen vitamin E. Mereka menilai bahwa suplemen tersebut hanya dapat efektif pada orang yang terbukti kekurangan vitamin E. Nah, golongan yang rentan untuk mengalami kekurangan vitamin E tersebut diantaranya adalah yang melakukan diet rendah lemak, dan mereka yang mengalami masalah pencernaan.

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Berikut ini merupakan makanan yang mengandung Vitamin E yang sering kita jumpai dan mudah untuk kita peroleh.

Daging ayam Dan Telur

Daging ayam mempunyai kandungan vitamin E sangat baik untuk tubuh. Jika dibandingkan bagian dada, bagian paha ayam mempunyai kandungan vitamin E paling tinggi. Walaupun begitu, kandungan vitamin E daging ayam tergolong rendah daripada telur.

Telur ayam mempunyai kandungan 155 kilokalori, Pada setiap 100 gram juga mengandung beragam zat gizi yang termasuk pula vitamin E. Ada sekitar 1,03 mg ataupun sekitar 7% vitamin E dari seluruh nutrisi dalam sebutir telur.

Buah yang mengandung Vitamin E

Buah alpukat sangat enak dibuat jus. Buah ini ternyata banyak manfaatnya. Jika kita lihat, ternyata setengah buah alpukat ini mengandung 2,1 mg vitamin E juga 161 kalori.

Buah tomat selain di dalamnya mengandung vitamin C, juga jadi sumber vitamin E. Tomat dengan ukuran sedang (123 gram) ini mengandung vitamin E 0,75 mg. Pasta tomat sebanyak seperempat cangkir saja memiliki 2,8 mg vitamin E, 34 mg likopen, dan 664 mg kalium.Setengah cangkir saus tomat memiliki kandungan 2,5 mg vitamin E.

Sayuran Sumber Vitamin E

Bayam sangat familiar di masyarakat. Bayam disamping mudah didapat harganya juga tergolong murah. Namun tahukah anda bahwa ternyata bayam juga memiliki kandungan vitamin E. Yakni sebanyak 3,7mg pada secangkir bayam yang telah dimasak (180 gram).

Brokoli juga menjadi sumber vitamin E. Ini dikarenakan dalam secangkir brokoli yang telah dimasak atau dicincang sebanyak 156gram mempunyai 2,3 mg vitamin E.

Jangan anggap remeh sayuran hijau yang satu ini. Sawi sering kita temui sebagai campuran mi ayam atau mie instan. Disamping rasanya enak, ternyata dalam sawi juga mengandung vitamin E yang telah diyakini mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

Biji bunga matahari

Walaupun terlihat kecil, biji bunga matahari ini sangat kaya akan nutrisi yang bermanfaat termasuk juga folat, Vitamin E, zat besi juga fitokemikal yang bisa membantu mencegah penyakit jantung serta beberapa jenis kanker.

Itulah beberapa sumber makanan yang mengandung Vitamin E yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan anda mengenai makanan sehat yang dapat anda konsumsi.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: