Fungsi tombol keyboard komputer

Fungsi tombol keyboard komputer perlu kita ketahui untuk mempercepat kerja kita. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer baik staff kantor, kasir toko, penjaga warnet dan lain-lain tentu tak lepas dari perangkat keras komputer yang namanya keyboard. Tapi tahukah Kita tentang fungsi dari setiap tombol keyboard yang ada? Saya yakin tidak semua orang tahu fungsi-fungsi keyboard komputer.
fungsi tombol keyboard komputer
Sebagai panduan atau referensi berikut adalah fungsi tombol keyboard komputer yang diambil dari beberapa sumber.

Fungsi tombol keyboard pada komputer

  • CTRL
    Tombol CTRL akan berfungsi jika dalam penggunaannya dipasangkan dengan tombol yang lain misalnya tombol C (CTRL+C) akan berfungsi untuk meng-copy satu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang kemudian dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL+V atau paste.
  • ALT
    Tombol ALT juga sama seperti tombol ALT pada tombol CTRL yaitu akan berfungsi jika dalam penggunaannya dipasangkan dengan tombol yang lain seperti F4, (ALT+F4) sehingga berfungsi untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang digunakan.
  • ESC
    Tombol ESC kepanjangan dari Escape yaitu tombol yang fungsinya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap perintah sebelumnya.
  • F1 & F12
    Tombol F1 & F12 adalah berfungsi sesuai dengan sistem operasi atau aplikasi yang dijalankan. Contoh, F1 sering digunakan untuk menampilkan menu Help yang memberikan penjelasan tentang aplikasi yang sedang aktif.
  • Enter
    Tombol Enter adalah tombol yang fungsinya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilaksanakan adalah benar. Fungsi Enter juga dapat untuk menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pengeditan text.
  • Arah
    Tombol Arah berguna untuk menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai dengan arah anak panah yang bersangkutan.
  • Backspace
    Tombol Backspace berfungsi untuk menghapus huruf disebelah kiri kursor.Sebaliknya fungsi Tombol Delete yaitu menghappus satu karakter huuuruf disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada.
  • Home
    Tombol Home berfungsi untuk menempatkan kursor ke awal baris dimana kursor berada.Sebaliknya menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
  • Page Up
    Tombol Page Up berfungsi untuk menempatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada. Sebaliknya menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

Fungsi tombol keyboard komputer pada penguna browser

Ctrl+A : Memblok keseluruhan text atau gambar yang ditampilkan.
Ctrl+C : Menambahkan alamat halaman website yang sedang dibuka ke fitur favorites browser.
Ctrl+E : Menampilkan/menyembunyikan fitur search.
Ctrl+F : Mencari halaman web.
Ctrl+H : Menampakan/menyembunyikan history website yang pernah dibuka di browser.
Ctrl+I : Menampilkan/menyembunyikan fitur favorites browser.
Ctrl+O : Menampilkan kotak dialog open.
Ctrl+P : Mencetak atau print halaman website yang sedang dibuka.
Ctrl+R : Merefresh halaman website terbaru.
Ctrl+V : Mem paste isi clipboard.
Ctrl+W : Keluar dari aplikasi dan menutup jendela.
Ctrl+X : Memotong blok yang dipilih.
Ctrl+Z : Membatalkan perintah dan menutup jenjdela.
F1 : Fasilitas help.
F3 : Memunculkan/menghilangkan bar search explorer.
F4 : Daftar drop down dari kotak address.
F5 : Merefresh halaman website yang aktif.
F10 : Mengarahkan fokus ke menu bar.

Itulah daftar fungsi tombol keyboard komputer. Jika kita sudah hafal dan dapat melakukan fungsi-fungsi tombol komputer tersebut maka akan mempercepat aktivitas kita saat bekerja dengan komputer.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: