Cara Merawat Bayi Dalam Kandungan

Merawat bayi dalam kandungan harus dilakukan dengan baik dan benar agar kelak dapat lahir dengan selamat, sehat dan tentunya sesuai dengan apa yang kita harapkan. Walaupun tugas utama untuk merawat bayi dalam kandungan adalah ibu yang mengandungnya, bukan berarti ayahnya lepas dari tugas itu, perkembangan dan pertumbuhan janin yang dikandung sangat tergantung dari kerjasama antara ayah, ibu dan juga orang orang disekeliingnya. Oleh karena itu, pada masa kehamilan perhatian yang lebih harus dicurahkan kepada buah hati.

Dan untuk membantu para calon orang tua yang menginginkan anaknya lahir dengan kondisi selamat dan sehat  ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk merawat bayi dalam kandungan dengan baik dan benar.

  1. Faktor yang terpenting adalah kondisi dari ibu yang hamil baik faktor fisik maupun psikologisnya. Salah satu cara untuk menjaga kondisi fisik dari ibu hamil adalah dengan mengatur makanan yang dikonsumsi. Menurut berbagai macam penelitian ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah
    • Air putih.
      Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk kesehatan ibu hamil yang akan berpengaruh pada bayi yang dikandungnya. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka akan menghindari dehidrasi dan dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh.
    • Kacang hijau
      Kacang hijau adalah sumber protein nabati untuk tubuh yang sangat baik untuk merawat bayi dalam kandungan karena dapat membantu perkembangan kandungan. Banyak mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu menjernihkan air ketuban.
    • Konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin dan zat besi.
      Vitamin dan zat besi dapat membantu menjaga kesehatan bayi dan zat besi berguna untuk menambah darah dan mengurangi resiko kekurangan darah ketika proses persalinan.
  2. Selain makanan, periksalah kandungan anda secara rutin ke dokter atau bidan agar pertumbuhan dan perkembangan janin tetap terkontrol.
  3. Hindari rokok. Di dalam sebatang rokok terdapat lebih dari seratus bahan kimia yang dapat membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. oleh sebab itu sebisa mungkin hindari rokok.
  4. Waspadalah dalam mengkonsumsi obat obatan dan jamu. Lebih baik konsultasikan ke bidan atau dokter ketika akan mengkonsumsi obat – obatan tertentu. Dan sebisa mungkin meminimalisir penggunaan kosmetik.
  5. Lakukan terapi musik untuk menstimuli perkembangan otak janin dan dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak.

Nah, demikianlah beberapa cara merawat bayi dalam kandungan dengan baik dan benar agar anak lahir dalam kondisi selamat dan sehat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: