Cara Menyimpan Attachments Gmail Langsung Ke Google Drive

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google ? ialah raksasa teknologi yang tak pernah absen mengikuti perkembangan jaman. Google selalu beradaptasi dengan pergerakan teknologi , dan telah menelurkan banyak produk-produk unggulan saat ini. Salah satu produk terbaru Google adalah Google Drive. Google drive adalah layanan cloud computing yang baru-baru ini diluncurkan. Ini merupakan layanan dari Google sebagai langkah untuk menyaingi layanan serupa yang lebih dulu ada yakni DropBox dan SkyDrive.

cara menyimpan attachments gmail

Bagi Anda yang belum mengerti, Goolgle Drive ini diibaratkan harddrive Anda yang berada di internet. Anda dapat mengupload file dan mengaksesnya dari manapun dan kapanpun, tentunya harus dengan akses internet. Seperti yang kita tahu, Google Drive adalah layanan dari Google, maka sudah pasti layanan ini bisa diintegrasikan dengan layanan lainnya dari Google, contohnya Anda bisa membuka dan menyimpan file Google Docs langsung di Google Drive. Lalu , apakah bisa juga dengan Gmail ?

Nah, dalam kesempatan ini, penulis berikan cara menyimpan attachment dari Gmail langsung ke Google Drive. Jadi, Anda tidak perlu kerja 2 kali lagi, mendownlod attachment kemudian mengupload file tersebut ke Google Drive. Memang belum ada informasi resmi kapan Google akan mengintegrasikan Goolge drive dengan Gmail. Namun, delevoper chrome saat ini sudah membuat sebuah extention yang bisa melakukan ini. Gmail Attachments To Drive adalah extention untuk Chrome yang dibuat oleh Josh Sullivan dan dapat di download di Chrome app store. Berikut ini cara menggunakan attachments to drive:

  • Download dan install “Add-on Attacthments to Drive” di:
    https://chrome.google.com/webstore/detail/epoohehjbaenldfbahgcegdmlogakgin
  • Setelah itu masuk ke akun Gmail anda, kemudian masuk ke Email yang memiliki attachment document (pdf,docx,dll).
  • Selanjutnya, klik link Save To Drive yang terdapat di dibawah attachment. Dan secara otomatis attacthement akan tersimpan otomatis ke Google drive.

    google drive

Yang perlu dicatat, apabila attachment adalah file compress seperti zip atau rar, maka cara ini tidak bisa dilakukan. Untuk tipe file tersebut Anda harus mendownload attachment ke komputer lalu menguploadnya ke Google drive secara manual. Selamat mencoba !

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: