Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami

Cara menyembuhkan mata minus dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu cara menyembuhkan mata minus tanpa operasi, seperti yang akan admin bahas pada kesempatan kali ini. Nah, sebelum menuju ke poin utamanya ada baiknya kita mengetahui dahulu tentang mata minus. Mata minus pada umumnya bisa  menyerang siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak, sampai orang tua sekalipun. Mata minus yaitu sebuah kondisi mata yang tidak bisa memandang benda yang jaraknya jauh. Mata minus dikenal juga dengan sebutan rabun jauh. Seorang yang mempunyai mata minus umumnya bila melihat objek yang jauh maka penglihatannya akan kabur atau buram. penyebab sakit mata

Penyebab Mata Minus

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata seseorang menjadi minus, antara lain.

  • Kurangnya penerangan saat melakukan aktifitas yang banyak menggunakan mata.
  • Kurang asupan makanan yang didalamnya terkandung vitamin C dan vitamin A.
  • Memandang layar komputer, hp, televisi yang terlampau lama.
  • Kerap mengkonsumsi makanan terlalu manis.
  • Beraktifitas di area yang banyak debu tanpa memakai kaca mata sebagai pelindung
  • Terlampau lama beraktifitas di bawah paparan sinar matahari, tanpa memakai pelindung mata.
  • Istirahat yang tidak cukup sehabis mata beraktifitas lama.
  • Karena pengaruh genetik / keturunan.

Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami

  1. Latihan melihat benda jauh

Latihlah mata anda untuk memandang objek yang jauh tanpa memakai kacamata. Seperti, melihat objek yang indah misalnya sawah, pegunungan, serta tempat jauh lainnya. Lakukanlah terapi ini dengan rutin untuk membiasakan mata Anda.

  1. Latihan melihat benda bergerak

Terapi mata minus yang bisa dilakukan dengan cara memandang benda yang bergerak. Benda bergerak ini dapat kita jumpai di jalan raya seperti sepeda motor, mobil, ataupun orang yang hilir mudik di jalan. Perhatikan secara detail setiap pergerakannya untuk membiasakan penglihatan mata anda.

  1. Menggunakan daun sirih

Cara menyembuhkan mata minus alami dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya yaitu, siapkan dua lembar daun sirih yang sudah dicuci menggunakan air supaya bersih. Lalu tempelkanlah daun sirih tersebut pada kedua mata sesaat sebelum tidur. Lakukanlah teknik ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanlah makanan sehat untuk mata anda. Beberapa makanan yang disarankan untuk mata seperti sayuran, wortel,  serta buah yang didalamnya terkandung vitamin A.

  1. Melakukan relaksasi mata

Khusus buat Anda yang pekerjaannya selalu melihat layar komputer, disarankan agar melakukan relaksasi setiap beberapa waktu sekali. Misalnya setiap 30 menit sekali, alihkan penglihatan mata kepada objek yang jauh supaya mata tidak terlampau lelah. Apabila perlu anda bisa berdiri dari tempat duduk tiap dua jam sekali, dengan melihat pemandangan atau suatu benda diluar jendela.

  1. Lepaskan kaca mata saat tidak dibutuhkan.

Hal ini bisa anda lakukan ketika sedang berada dirumah, istirahat ataupun saat tidur. Cara ini dapat dilakukan kalau Anda masih mempunyai kemampuan untuk melihat ketika bekerja normal, bukan bekerja dengan tidak memakai kaca mata.

  1. Menjaga kebersihan mata

Bersihkan mata secara rutin, apabila perlu memakai obat tetes mata supaya mata anda mendapat asupan nutrisi.

  1. Memakai pelindung

Saat akan bepergian, pakailah kacamata atau helm untuk menghindari kotoran atau debu masuk ke mata Anda. Polusi debu dapat mengakibatkan mata menjadi iritasi serta membahayakan mata.

Cara Mencegah Mata Minus

  1. Menjaga Jarak Pandang

Jarak pandang yang sangat dekat dapat menjadi pemicu mata minus, seperti saat nonton televisi. Supaya Anda dapat terhindar dari mata minus, jagalah jarak pandang supaya jangan terlalu dekat. Baik saat membaca buku, nonton televisi, atau melihat layar komputer serta handphone.

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Cara menyembuhkan mata minus dengan buah dan sayur sangat baik dilakukan. Makanlah sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan mata. Sayur dan buah didalamnya terkandung banyak vitamin untuk menjadikan mata senantiasa sehat. Sayuran yang dianjurkan yaitu wortel, karena kaya akan betakaroten yang sangat baik untuk mata.

  1. Istirahatkan mata

Mata juga memerlukan istirahat yang cukup. Terlebih buat Anda yang kegiatannya selalu berhubungan dengan komputer. Istirahatkanlah mata sejenak setiap beberapa waktu sekali, supaya mata tidak terlalu tegang.

Demikianlah beberapa tips cara menyembuhkan mata minus yang bisa anda coba dirumah. Walaupun tidak cepat untuk memulihkannya, tetapi khasiatnya dapat anda rasakan dalam jangka panjang. Sekian dan terimakasih.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: