Cara Meningkatkan CTR Google Adsense

CTR alias Click-through Rate adalah frekuensi dari jumlah klik iklan yang dilakukan pada iklan dari Google Adsense yang diterbitkan di sebuah situs jika dibandingkan dengan frekuensi kemunculan iklan tersebut. Jadi, logikanya, semakin tinggi rasio CTR anda, semakin besar pula keuntungan yang anda peroleh dari iklan Adsense di situs anda tersebut. Pentingnya peran CTR membuat berbagai tips dan cara meningkatkan CTR Google Adsense bertebaran di mana-mana sebagai petunjuk bagi para pemilik akun Adsense untuk meraih keuntungan besar. Akan tetapi, menentukan mana yang paling efektif mungkin bisa agak sulit apalagi untuk pemula yang baru saja mulai memelajari seluk-beluk Google Adsense.

cara meningkatkan ctr google adsense

Pada dasarnya, peningkatan rasio CTR Google Adsense bisa dilakukan lewat beberapa cara. Mulai dari yang menggunakan pengaturan tampilan iklan tersebut, memanfaatkan pengaturan penempatan iklan agar nampak strategis, mengatur ukurannya hingga mengubah warna dasarnya. Mari kita lihat beberapa cara meningkatkan CTR Google Adsense berdasarkan metode-metode tersebut.

Meningkatkan CTR lewat Penempatan Iklan

Ketika anda akhirnya mendapatkan iklan dari Adsense untuk ditempatkan di situs, ada beberapa pengaturan yang bisa membuat rasio CTR anda meningkat lumayan drastis, yaitu:

  • Menempatkan iklan di sisi kanan halaman situs, karena orang cenderung menggerakkan kursor dan mouse di sisi kanan sehingga peluang menemukan iklan lebih besar.
  • Menempatkan iklan di sisi atas halaman situs, tepat di bawah header.
  • Menempatkan iklan dengan ruang kosong di sekitarnya sehingga tampak menonjol keberadaannya sebagai iklan, bukan bagian dari konten sehingga tidak memusingkan.
  • Menempatkan iklan di sudut kanan atas di bawah header.
  • Menempatkan iklan dalam bentuk persegi panjang besar berukuran 336 x 280 di tengah-tengah atau di atas konten agar kelihatannya menjadi bagian yang alami dengan konten. Akan tetapi, untuk yang satu ini, anda tetap harus menyesuaikan dengan bentuk dan lebar bagian konten pada halaman situs.
    penempatan iklan google adsense di homepagepenempatan iklan google adsense di artikel

Meningkatkan CTR lewat Skema Warna Iklan

Cara meningkatkan CTR Google Adsense yang cukup mudah dan populer adalah lewat pengaturan skema warna iklan dan situs, misalnya:

  • Memadukan warna latar belakang iklan dengan latar belakang halaman situs sambil menghilangkan garis pembatas kotak iklan. Hal itu akan membuat pengunjung lebih mungkin mengeklik iklan karena merasa iklan tersebut memang benar satu paket dengan situs.
  • Memadukan warna kotak iklan agar serasi dengan latar belakang situs. Walaupun warnanya berlainan, anda bisa saja bereksperimen agar kotak iklan terlihat memiliki warna mengundang namun tetap serasi dengan keseluruhan halaman situs.

Cara lain untuk meningkatkan rasio CTR anda adalah justru dengan menghilangkan kata-kata yang berfungsi sebagai ‘judul iklan’ di atas iklan Adsense, misalnya Advertisement, Related Ads, Sponsored Link dan sebagainya. Hal ini bisa menjadi senjata makan tuan karena ada banyak pengunjung situs yang justru tak ingin mengeklik sesuatu yang jelas-jelas mempromosikan diri sebagai iklan. Cukuplah dengan tulisan Ads by Google di bawah iklan tersebut agar iklan Adsense anda nampak lebih alami.

Anda juga bisa mencegah pemasangan iklan yang bersifat PSA alias iklan layanan masyarakat, karena biasanya jenis iklan seperti ini tidak berbayar (kecuali anda punya tujuan tertentu dalam memasang iklan PSA). Berbagai cara meningkatkan CTR Google Adsense di atas juga terhitung legal dan tidak akan membuat situs anda beresiko diblok karena dianggap melanggar ketentuan.

 

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!