Cara Mengatasi Komputer Lemot

Kinerja komputer akan sangat Anda sukai jika prosesnya cepat, membuka aplikasi dengan cepat, menggunakan tiap software dengan lancar tanpa ada hambatan apapun, tentunya membuat Anda sebagai user merasa puas. Namun, terkadang komputer kita berjalan dengan lambat dan kinerjanya kurang bagus. Hal ini dikarenakan banyak faktor seperti overload registry, pengaruh virus, dan lain sebagainya.

cara mengatasi komputer lemot
Saat computer Anda baru saja di install dan dipasangi sistem operasi, kinerjanya begitu cepat. Namun lama kelamaan kinerjanya akan berkurang dan menjadi lambat. Nah, agar kinerja komputer Anda tetap maksimal, maka pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang cara mengatasi komputer lemot.

  • Install Ulang
    Ini pilihan yang paling mudah, namun prosesnya panjang dan lama. Anda harus memulai lagi dari awal, memasangkan sistem operasi, menginstall driver, menginstall software dan lain lain. Selain proses yang lama, cara ini membuat hard disk Anda benar benar baru lagi, isi yang sebelumnya ada dihapus dan diganti. Jika Anda mempunyai semua CD installasi yang dibutuhkan, dan komputer Anda lemotnya nggak ketulungan, maka cara ini bisa Anda coba.
  • Menambah kapasitas RAM
    Random Access Memory atau RAM sangat membantu kinerja, mulai dari menginput data, memproses sampai menghasilkan output result. Dengan menambahkan kapasitasnya semakin besar, maka kinerja komputer pun semakin meningkat.
  • Menghapus data registry dan File yang tidak digunakan
    Komputer Anda bisa saja menjadi lemot karena terlalu banyak menyimpan data proses. Hal ini membuat registry menjadi menumpuk. Maka dari itu, perlu pembersihan secara rutin agar file dan data proses yang tidak diperlukan itu dibuang saja. Anda bisa menggunakan software khusus seperti “Ccleaner” ataupun langsung membersihkannya di pilihan “Disk Cleanup”.
  • Memasang Anti Virus
    Virus bisa menjadi salah satu penyebab komputer lemot dan cara mengatasi komputer lemot adalah dengan memasang anti virus di komputer Anda. Sehingga saat Ada file berbahaya yang bisa merusak sistem file, maka anti virus tersebut melakukan tugasnya dan mencegah file berisi virus tersebut menginfeksi sistem file.
  • Menginstall Deep Freeze
    Anda pastinya sudah mendengar tentang software pembeku ini. Software ini fungsinya menyimpan keadaan atau membekukan keadaan Komputer Anda di saat diaktifkannya Deep Freeze ini. Saat baru saja menginstall windows, driver dan software pendukung lainnya, itu adalah waktu yang tepat bagi Anda yang ingin menggunakan cara ini. Karena saat itu kinerja komputer masih berada pada titik oke. Jika Anda telah mempergunakan komputer, misalkan melakukan penambahan file, menghapus file dan lain sebagainya di driver yang dipasangi deep freeze, maka file yang Anda tambah akan hilang saat komputer Anda restart, begitu juga sebaliknya, file yang Anda hapus akan ada kembali setelah Anda merestart komputer Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi komputer lemot yang biasa saya praktekkan. Semoga bermanfaat

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!