Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Saat puasa tubuh memang akan kekurangan cairan selama hampir satu harian, tubuh yang kehilangan banyak cairan biasanya akan mengambil cairan lain yang berasal dari luar tubuh seperti kulit. Sehingga orang yang kerap mengalami kekurangan cairan mata mereka akan memiliki keadaan kulit yang kusam dan kering. Begitu juga dengan bibir, bibir juga akan merasakan dampak akibat tubuh kekurangan cairan. Wajar rasanya jika pada saat puasa mulut, tenggorokan dan bibir terasa sangat kering dan sangat haus. Mulut kering tak hanya akan menimbulkan bau mulut saja, tampilan bibir anda pun akan mengalami kerusakan akibat hilangnya cairan di dalamnya. Bibir Kering Saat Puasa

Kekurangan cairan saat puasa sejatinya bisa di atasi dengan tetap memenuhi kebutuhan cairan pada saat buka dan sahur, dimana kita tetap mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari. Sehingga dampak akibat kekurangan cairan tidak akan anda alami, kekurangan cairan yang terus dibiarkan dapat menyebabkan dehidrasi dan tentu hal itu akan mengancam nyawa anda. Namun selama puasa, tentu saja kita akan diperbolehkan makan dan minum pada saat masuk waktu berbuka. Bibir kering akibat kekurangan cairan dalam tubuh memang akan sangat mengganggu penampilan kita, selain kering bibir juga terlihat pecah-pecah dan tak sehat.

Tak hanya saat puasa saja bibir dapat mengalami hal semacam ini, kurangnya perawatan dan konsumsi cairan setiap hari menjadi pemicu kerusakan permukaan bibir anda. Bibir yang kering, jika terus dibiarkan tanpa ada pencegahan dapat mengakibatkan pecah dan terasa sangat perih. Nah, untuk mengatas dan menghindari bibir kering dan pecah selama puasa berikut kami rangkum beberapa tips dan cara mengatasinya.

  1. Konsumsi Buah dan sayuran

Pada saat puasa, sebaiknya jangan pernah melewatkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran pada saat buka atau sahur. Karena di dalam buah dan sayur selain terdapat kandungan vitamin alami juga terdapat mineral yang mampu melengkapi kebutuhan cairan tubuh dan membuat bibir anda sehat dan lembap. Selain itu, buah dan sayuran yang memiliki vitamin E di dalamnya juga akan membantu menjaga permukaan kulit terutama kulit area bibir anda. Sehingga dengan mengonsumsi buah dan sayuran saat puasa, maka bibir anda tidak akan kering dan terhindar dari masalah kesehatan kulit bibir.

  1. Lengkapi Kebutuhan Cairan

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa meskipun dalam keadaan puasa kita tetap harus melengkapi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Tubuh membutuhkan cairan setidaknya minimal 8 gelas per hari, jadi anda bisa tetap melengkapinya selama puasa dengan cara membagi waktu mengonsumsinya pada saat sahur dan buka. Yakni 4 gelas pada saat sahur dan selebihnya pada saat waktu berbuka. Dengan terlengkapinya kebutuhan cairan tersebut, maka tak hanya masalah bibir kering saja yang akan teratasi, namun beragam gangguan akibat kekurangan cairan pun bisa tercegah.

  1. Hindari Makanan Asin dan Pedas

Selain melengkapi kebutuhan cairan, saat puasa sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan asin dan pedas. Pasalnya kedua makanan ini dapat mempercepat kondisi mulut dan bibir anda menjadi kering. Selain itu makanan pedas dan asin juga sangat tidak baik untuk pencernaan anda selama puasa. Dengan makanan pedas pencernaan akan mengalami gangguan yang dapat mengakibatkan perut terasa panas dan perih. Jadi sebaiknya konsumsi lah makanan sehat dan bergizi yang kaya vitamin di dalamnya agar bibir anda tetap sehat dan lembab.

  1. Gunakan madu Pada Bibir

Bibir kering akibat kekurangan cairan juga bisa diatasi dengan mengoleskan madu di permukaan bibir anda. Selain dapat menutrisi bibir, madu juga mampu melembapkan bibir anda sehinga terhindar dari bibir kering dan pecah. Gunakan madu pada bibir anda pada waktu menjelang tidur, dan bersihkan pada saat anda sahur. Dengan melakukannya secara rutin, maka bisa dipastikan selama puasa bibir anda akan tetap sehat dan terawat.

  1. Gunakan Pelembap Bibir

Bagi para kaum hawa, bibir kering dan pecah tentu akan menjadi masalah serius yang harus segera ditangani. Namun kondisi bibir kering saat puasa memang terkadang tidak bisa kita hindari, pasalnya pada saat puasa secara umum tubuh akan banyak kehilangan cairan. Namun untuk mengatas bibir kering dan pecah saat puasa anda bisa menggunakan pelembap bibir atau lip balm. Pilih pelembap bibir yang mengandung bahan alami yang mampu memproteksi bibir dari sinar matahari langsung. Sehingga meskipun anda berada diluar ruangan bibir anda akan tetap terlihat lembap dan terawat.

Bagi anda yang kerap risau dan bingung mengenai masalah bibir kering, maka anda bisa melakukan beberapa cara di atas. Dan perlu anda ketahui, kondisi bibir kering saat puasa adalah hal wajar yang sering dialami oleh semua orang, jadi masalah bibir kering saat puasa memang tak perlu di khawatirkan. Karena pada saat anda berbuka, maka kondisi bibir anda akan kembali normal, hal itu karena tubuh sudah terisi oleh cairan yang dibutuhkannya.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: