Cara Mempercepat Komputer Dengan Mudah dan Praktis

Cara mempercepat komputer cukup beragam disesuaikan dengan kondisi komputer itu sendiri, baik software maupun hardware pendukungnya. Kinerja komputer yang “lelet” tentu akan membuat kita kesal, apalagi saat sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting yang harus cepat diselesaikan. Karena itulah cara mempercepat komputer sangat dibutuhkan agar bisa mengakomodir kebutuhan kita dalam mengerjakan sebuah tugas yang berkaitan dengan komputer.

cara mempercepat komputer
Berikut ini kami berikan beberapa tips mudah cara mempercepat komputer dalam lingkungan Windows agar Anda tidak dibuat kesal lagi karena komputer yang lemot.

  • Minimalisir efek visual
    Efek visual yang biasa terdapat pada antarmuka aplikasi maupun sistem operasi sebuah komputer seringkali membuat kinerka komputer menjadi lebih berat. Sehingga akan lebih baik jika Anda mementingkan kinerja komputer dibandingkan dengan tampilan visual yang dihasilkan. Untuk memilih pengaturan efek visual ini Anda bisa mengakses melalui
    Klik kanan My Computer > Properties, lalu masuk ke tab Advance kemudian klik Performance > Setting > Visual Effects.
    Pada menu tersebut Anda bisa memilih pengaturan yang paling pas untuk komputer Anda.
  • Uninstal program yang tidak dibutuhkan
    Semakin lama kita memiliki komputer maka akan semakin banyak pula program yang terinstal di dalamnya. Mungkin secara tidak sadar Anda juga telah melakukan instalasi program yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Sehingga program-program tersebut hanya akan bertumpuk dan membebani kinerja komputer. Cara mempercepat komputer Anda adalah dengan cara membersihkan atau melakukan uninstal program-program yang kurang dibutuhkan atau jarang digunakan.
  • Bersihkan dan tata harddisk
    Di dalam komputer semakin lama juga akan semakin banyak “sampah” yang menumpuk dan mempengaruhi kinerja komputer. Untuk cara mempercepat komputer, Anda bisa melakukan hal berikut

    • Disk cleanup
      Dengan melakukan dick cleanup maka file-file “sampah” seperti file temporary dan file-file tidak berguna lainnya akan dibersihkan. Sehingga kapasitas harddisk juga tidak cepat penuh sekaligus mengurangi beban komputer. Caranya adalah dengan klik kanan pada salah satu drive kemudian pilih Properties lalu klik Disk Cleanup.
    • Defragment harddisk secara rutin
      Cara mempercepat kmputer yang paling mudah adalah dengan melakukan defragment pada harddisk. Defragment artinya adalah menata ulang file-file yang tersimpan di dalam harddisk agar tidak terpotong-potong. Hal ini akan membuat susunan file lebih rapi sehingga kinerja komputer dalam mengakses file juga akan lebih baik.

Demikian beberapa tips mudah cara mempercepat komputer yang bisa langsung dipraktekkan pada komputer milik Anda.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!