Cara Membuka Website Yang Diblokir

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, dimana saat anda ingin mengakses website tertentu, ternyata website tersebut diblokir. Tentunya sangat menyebalkan bukan ? Nah, kasus seperti ini biasanya terjadi karena web yang anda akses diblok oleh admin server tempat anda mengakses internet, misal di kampus dan kantor atau bisa juga diblokir langsung oleh provider internet Anda.

internet positif

Untuk mengatasinya, dalam kempatan ini, penulis punya  cara mudah yang bisa Anda coba untuk membuka website yang terblokir.  Silahkan anda coba satu per satu :

Menggunakan IP selain URL

Pada dasarnya, setiap web itu memiiki IP yang berbeda-beda agar bisa diakses. Sedangkan URL fungsinya untuk memudahkan saja. Jadi, sebuah web bisa diakses dengan mengetikkan alamat url atau juga bisa dengan mengetikkan alamat IP  web tersebut. Misalkan untuk Google.com, anda juga bisa mengaksesnya dengan mengetikkan 74.125.235.0 di browser. Namun, cara ini akan berguna jika admin jaringan hanya memblokir alamat URL saja. Jika IP dari webnya juga diblokir maka cara ini tidak bisa membantu.

Menggunakan short URL service

Short URL service adalah layanan memperpendek URL. Walaupun fungsinya untuk memperpendek alamat URL yang kepanjangan, tapi Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyingkat alamat web yang diblokir. Beberapa layanan short URL yang gratis antara lain : tinyurl.com dan goo.gl.

Anonymous surfing

Anonymous surfing adalah layanan untuk menyembunyikan IP komputer kita saat berselancar ria di Internet. Menariknya, situs layanan seperti ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengakses website yang terblokir. Cukup kunjungi situs Anonymous surfing, kemudian masukkan alamat web yang terblokir, maka web tersebut akan bisa Anda akses.

Contoh penyedia layanan Anonymous surfing antara lain:

  • Hidemyass.com
  • anonymizer.com
  • wujie.net
  • ultrareach.net

anonymous surfing
Menggunakan Proxy di Browsers

Anda juga bisa mengakses web yang terblokir dengan mengubah proxy di browser Anda. Misal untuk Mozilla Firefox, klik Option > Advanced > Network > Setting > dan pilih Manual proxy configuration.

Selanjutnya pada HTTP proxy, isi dengan IP dan port dari proxy. Seperti contoh berikut :

proxy browser
Menggunakan Google Translate

Ada pasti sudah familiar dengan layanan Google ini, dan saya anggap anda sudah tau cara menggunaannya. Bagaimana Google translate bisa digunakan untuk membuka web yang terblokir konsepnya adalah dengan mem Bypass URL web yang terblokir. Caranya, pada kotak teks translate, masukkan saja URL web yang ingin diakses dibagian kiri, maka secara otomatis akan muncul link disebelah kanan. Tingal Anda klik saja link tersebut

google translate

Nah itu dia cara membuka alamat website yang terblokir. Sekarang anda bisa kembali membuka website favorit Anda tanpa takut diblokir. Namun ingat, penulis tidak bertanggung jawab atas segala penyalahgunaan yang terjadi. Selamat mencoba !

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!