Cara Agar Tidak Mudah Haus Selama Berpuasa

Haus adalah respons tubuh akibat mengalami kehabisan cairan di dalamnya, maka tak heran ketika anda seharian melakukan kegiatan yang menguras tenaga dan memproduksi banyak keringat maka rasa haus akan anda rasakan. Rasa haus biasanya berupa dorongan tubuh agar kita mengonsumsi minuman atau makanan untuk menambah cairan di dalamnya. Menghilangkan haus bisa dengan meminum air atau dengan mengonsumsi makanan. Namun apa jadinya ketika haus terjadi saat anda sedang berpuasa? Tentu tidak dibolehkan mengonsumsi makanan dan minuman selama anda sedang menjalankan ibadah puasa. Haus memang tidak bisa dihindarkan pada saat puasa, pasalnya dalam sehari tubuh kita membutuhkan jumlah cairan yang cukup banyak, dan ketika kita berpuasa makan secara otomatis cairan dalam tubuh akan terus berkuran dan tidak mendapatkan asupan cairan karena sedang puasa. Haus Saat Puasa

Pada saat puasa mungkin cenderung lebih bisa menahan lapar ketimbang rasa haus, hal itu karena tubuh kita memiliki kandungan air sebanyak 80% yang setiap waktu harus terus dipenuhi kebutuhannya. Adapun fungsi cairan di dalam tubuh termasuk sangat fital, karena cairan tubuh membantu mengalirkan nutrisi makanan ke seluruh sel, melancarkan metabolisme dan lain sebagainya. Maka tak heran, mereka yang mengalami kehabisan cairan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kematian, hal itu karena sel dan organ di dalam tubuh tidak mampu berfungsi normal tanpa adanya cairan. Nah, pada saat puasa sebaiknya konsumsi dan lakukan beberapa tips agar tidak mudah merasa haus di siang harinya.

Dengan demikian anda tetap bisa mejalankan aktivitas sehari-hari dan tubuh tetap berstamina karena cairan dalam tubuh masih dalam kondisi normal. Dan berikut berhasil kami rangkum beberapa tips dan cara agar tidak mudah haus selama berpuasa.

  1. Tetap Penuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Dalam satu hari tubuh membutuhkan cairan setidaknya 8 gelas, kita harus melengkapi cairan tersebut dari minuman dan makanan yang kita konsumsi. Lalu bagaimana saat puasa? dimana kita hanya diperbolehkan makan dan minum hanya pada waktu sahur dan berbuka saja. Meskipun puasa kita tetap harus melengkapi kebutuhan cairan kita setiap hari, ada pun caranya dengan membagi dua jumlah asupan cairan perharinya, jadi pada saat sahur anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 4 gelas lalu ketika berbuka juga 4 gelas atau lebih. Dengan demikian maka meskipun dalam keadaan puasa tubuh tetap terlengkapi kebutuhan cairan di dalamnya. Dengan melengkapi kebutuhan cairan tubuh tersebut, maka pada saat berpuasa kita juga tidak akan merasa mudah haus.

  1. Konsumsi Buah-buahan

Selanjutnya cara yang kedua agar tidak mudah haus saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat dan banyak mengandung cairan terutama pada saat sahur. Dengan demikian, pada saat siangnya maka tubuh anda tidak akan mudah mengalami rasa haus. Selain itu dengan mengonsumsi buah-buahan berserat akan membuat sistem pencernaan anda lancar, dan sebaiknya konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung cairan seperti semangka, pir, apel dan lain sebagainya.

  1. Hindar Konsumsi Makanan Pedas

Agar tidak mudah haus saat puasa, maka sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas pada saat sahur. Pasalnya makanan pedas yang anda konsumsi pada saat sahur dapat memicu rasa haus berlebihan pada siang harinya. Selain makanan pedas, anda juga sebaiknya menghindari makanan terlalu asin, karena makanan asin juga memiliki efek serupa dengan makanan pedas yakni membuat anda mudah merasa haus pada saat berpuasa.

  1. Hindari Melakukan Aktivitas Tidak Bermanfaat

Dan yang terakhir yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan menghindari melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat. Pasalnya pada saat puasa tubuh anda akan mudah mengalami kehabisan cairan yang membuat rasa haus berlebihan, apalagi jika anda melakukan aktivitas-aktivitas yang memicu produksi keringat berlabih maka bisa dipastikan anda akan lebih mudah mengalami rasa haus. Jadi jika anda merasa aktivitas yang akan dilakukan tidak bermanfaat sebaiknya hindari dan jangan lakukan aktivitas tersebut, karena hanya akan mengganggu puasa anda.

Selain 4 hal di atas ada beberapa hal lain yang juga harus anda lakukan agar tidak mudah haus saat puasa. Salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan, makanan pemanis buatan tersebut dapat membuat kadar gula meningkat sehingga tubuh akan mudah mengalami rasa haus berlebihan.

Jadi dengan menghindari dan melakukan hal-hal di atas, maka saat puasa anda tidak akan mudah mengalami rasa haus. Pasalnya rasa haus pada saat puasa dapat memicu tubuh merasa lemas dan tidak berstamina dan juga hal itu akan mengganggu kualitas puasa yang sedang anda jalankan.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: