Asupan Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa, karena buka puasa merupakan salah satu kenikmatan yang diberikan oleh umat islam selama menjalankan ibadah puasa. Setelah menahan haus dan lapar setelah habis waktu imsak atau lebih kurang selama 14 jam lamanya, tentu momen berbuka puasa menjadi moment yang dinantikan dengan menghidangkan beragam makanan dan minuman segar yang siap di santap. Di indonesia, mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka seperti sudah menjadi tradisi yang sulit dihilangkan, ditambah lagi minuman tersebut dalam keadaan dingin. Padahal menurut medis, orang yang berpuasa sebaiknya sebelum mengonsumsi minuman manis dan dingin, sebaiknya minumlah segelas air putih lebih dulu baru kemudian diperbolehkan mengonsumsi minuman dingin. Makanan Sehat Buka Puasa

Selain itu, masih banyak kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan orang dalam hal makanan yang mereka konsumsi di saat buka puasa. Selain minuman dingin dan manis, hidangan seperti gorengan, makanan berlemak, pedas dan asam juga biasanya sudah siap terhidang sebagai santap waktu berbuka. Padahal makanan-makanan tersebut, jika dikonsumsi saat keadaan lambung sebelumnya kosong dalam waktu yang cukup lama akan berdampak pada gangguan sistem pencernaan. Pasalnya, makanan-makanan tersebut membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih keras untuk mencernanya, dan pada saat sistem pencernaan bekerja sangat keras, maka hal itu dapat mengakibatkan meningkatnya kadar asam lambung yang menyebabkan rasa nyeri, panas dan mual.

Puasa yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar seperti makan sahur dan buka puasa degan makanan yang kaya vitamin, nutrisi di dalamnya akan memberikan efek positif terhadap kesehatan kita. Puasa dapat membuat tubuh terhindar dari beragam penyakit berbahaya, tak hanya gangguan pencernaan saja yang akan terhindar, penyakit sekelas stroke, jantung, kolesterol pun bisa tercegah dengan melakukan puasa yang baik dan benar. Dan untuk mendapatkan manfaat puasa tersebut maka sebaiknya simak asupan makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa berikut ini.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Karbohidrat

Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi pada saat buka puasa adalah makanan yang kaya kandungan karbohidrat. Dan pastikan jangan terlalu berlebihan saat mengonsumsi makanan tersebut, adapun sumber karbohidrat kompleks bisa anda dapatkan pada kentang, ubi, nasi, jagung dan makanan lainnya. jadi dari pada anda mengonsumsi makanan berminyak dan mengandung lemak, alangkah lebih baiknya jika mengonsumsi makanan kaya kandungan karbohidrat agar energi yang terkuras saat puasa bisa kembali pulih.

  1. Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Manis

Perlu anda ketahui, meskipun berbuka degan minuman yang manis dapat membuat sensasi rasa segar, namun ternyata minuman manis tersebut akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Apalagi setelah satu harian kadar gula darah menurun. Sehingga mengonsumsi minuman atau makanan manis dalam jumlah banyak dapat membahayakan kondisi kesehatan anda, terutama bagi para penderita diabetes. Selain itu, efek mengonsumsi minuman manis dan dingin pada saat buka secara langsung dapa membuat kepala terasa sakit. Jadi sebaiknya saat berbuka, konsumsi lah minuman putih hangat, jus buah tanpa gula atau air kelapa muda.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Pada saat puasa tentu kita sadar bahwa cairan di dalam tubuh benar-benar mengalami penurunan yang drastis, sehingga muncul sensasi rasa haus saat puasa. Dan pada saat waktu berbuka datang, sebaiknya perbanyak mengonsumsi air mineral, bukan minuman manis, dingin atau panas. Namun hanya minuman mineral saja yang sanggup melengkapi kebutuhan cairan pada saat buka puasa tanpa ada dampak dan bahaya lainnya. Dan menjelang tidur juga sangat dianjurkan untuk tetap mengonsumsi air mineral agar semua kebutuhan cairan tubuh dapat terlengkapi.

  1. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Digoreng

Sama hal dengan minuman dingin dan manis, gorengan juga menjadi menu wajib bagi orang indonesia saat berbuka puasa. Padahal mengonsumsi gorengan atau makanan yang digoreng saat berbuka dapat memperlambat peredaran darah ke organ cerna, sehingga sistem pencernaan akan mengalami gangguan saat mencerna makanan tersebut, Selain itu, makanan yang digoreng menggunakan minyak juga menyebabkan oksigen di dalam darah terikat dan tidak teraliri dengan sempurna. Hal itu tentu akan berdampak terhadap kesehatan tubuh kita. Jadi sebaiknya, meskipun sudah seperti tradisi, hindari mengonsumsi gorengan atau makanan yang digoreng saat berbuka puasa. hal itu bertujuan agar puasa yang anda jalani benar-benar memberikan manfaat terhadap tubuh anda.

Perlu rasanya memerhatikan asupan dan pola konsumsi saat sahur dan buka puasa, pasalnya pola konsumsi yang tak sehat saat puasa kerap mendatangkan masalah kesehatan terutama masalah pada sistem pencernaan. Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh, sebaiknya perhatikan jenis dan cara konsumsi makanan anda selama menjalankan puasa dan hindari makanan-makanan yang tidak baik dan tidak sehat untuk tubuh.

Selain mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, mengonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi juga sangat diperlukan saat puasa. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin yang berasal dari buah-buahan dan sayuran, karena selain melengkapi kebutuhan serat dan memperlancar sistem pencernaan, buah dan sayuran juga mampu melengkapi kebutuhan antioksidan tubuh agar terhindar dari beragam penyakit selama puasa.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: