Apakah Saat Hamil Boleh Minum Obat?

Ada saat-saat untuk menghindari obat-obatan ketika proses kehamilan karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Berikut ini adalah saran dari para ahli medis tentang penggunaan obat pada ibu hamil yang harus Ibu ketahui saat masa kehamilan. Apakah Saat Hamil Boleh Minum Obat

  1. Benar-benar menghindari obat-obatan dalam 3 bulan pertama kehamilan, karena 3 bulan pertama kehamilan tercatat sebagai kehamilan yang paling penting. Untuk keamanan ibu dan janin sebaiknya jangan mengkonsumsi obat.
  2. Jika kondisi kesehatan anda memang diharuskan untuk mengkonsumsi obat, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang dosis atau obat-obatan untuk ibu hamil. Karena ketika Ibu hamil biasanya obat yang biasa dikonsumsi bisa berbahaya untuk perkembangan janin.
  3. Jika Anda sebelumnya tidak mengetahui bahwa telah hamil, tetapi anda telah mengkonsumsi obat yang mungkin bisa berbahaya untuk kandungan Anda, sebaiknya segeralah datang ke dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan saran, apakah yang harus Ibu lakukan agar kondisi janin tetap sehat.
  4. Beberapa obat tidak boleh digunakan ibu hamil:
  • Dextropropropoxyphen: Analgesik berpotensi adiktif
  • Erotamin: Anti migrain
  • Barbiturat, benzodiazephin,: dapat menghambat sistem saraf pusat
  • Aspirin, indometasin, aproxen: analgesik anti-inflamasi
  • The aminoglikosida, kloramfenikol, Dapson, rifampin, kuinolon, tetracilin, Kotrimoksazol: Antibiotik
  • reserpin, nifedifin, yang beta blockers, ACEI: obat penurun tekanan darah
  • Isotretinoinm, dosis tinggi vitamin A, vitamin K dosis tinggi: Obat dermatologis
  • Wanita harus menghindari obat berikut ini: ACE inhibitor, androgen, obat anti-kejang, obat kanker, diethystillbestrol isotretinoin, idod, lithium, Thalidomide, warfarin.

Di atas adalah beberapa catatan penting bagi ibu hamil tentang apakah saat hamil boleh minum obat? Jika Ibu telah membaca artikel ini, sebagaiknya segeralah lakukan apa yang harus ibu lakukan demi kesehatan dan keselamatan bayi yang ada dalam kandungan. Jika Kalian tidak tahu cara mengetahui tanda-tanda kehamilan, kalian bisa baca pada artikel Bagaimana cara mengetahui tanda awal kehamilan yang telah kami update pada situs ini. Sekian yang dapat kami sampaikan semoga tips ibu hamil ini bisa sangat bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: