Anak Yang Humoris Merupakan Ciri Anak Yang Cerdas

Tahukah Anda bahwa jika anak yang memiliki selera humor yang tinggi adalah ciri anak yang cerdas. Selera humor anak atau disebut juga sense of humor akan muncul ketika anak berusia 11 bulan. Oleh karena itu, tidak heran jika pada saat usia tersebut anak sering mengulangi ucapan ataupun gerakannya yang mereka anggap lucu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, selera humor anak dapat diperoleh dari faktor genetik yang diturunkan orang tuanya. Tetapi bukan itu saja, jika anda termasuk tipe orang tua yang serius, anda tetap dapat membuat anak anda memiliki selera humor yang tinggi yaitu dengan cara mengajarinya dengan melontar berbagai macam candaan yang dapat merangsang anak untuk memiliki selera humor yang tinggi.

Lalu apa hubungannya humor dengan kecerdasan anak ?

Menurut seorang ahli psikolog dari Universitas Miami di Amerika Serikat Doris Bergen, Ph.D menyebutkan bahwa kemampuan humor yang dimiliki seorang anak akan membantu memberikan tanggapan positif terhadap kehidupannya. Biasanya anak yang memiliki selera humor yang tinggi akan tumbuh menjadi sosok anak yang tangguh dan dengan mudah dapat mengatasi berbagai macam situasi sulit yang menimpa dirinya karena mereka cenderung melihat kesulitan tersebut dari sisi humor yang mereka miliki.

Selain itu, selera humor yang tinggi pada anak juga sangat berhubungan dengan perkembangan kognitif dari anak. dan biasanya anak akan memiliki kemampuan  mengingat yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak lainnya.

Bagaimana cara mengajari anak agar memiliki selera humor tinggi ?

Apabila anda menginginkan anak tumbuh dengan selera humor yang tinggi anda dapat mengajarinya. Ciptakanlah suasana yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan di lingkungan rumah anda. tetapi yang harus anda perhatikan adalah candaan atau gurauan yang anda gunakan untuk anak sesuaikan candaan tersebut dengan umur dan juga situasi anak jangan sembarangan melontarkan candaan kepada anak.

Semakin terbiasa anak dengan candaan, maka semakin tinggi pula selera humor yang dimiliki anak dan semakin tinggi pula kecerdasan anak untuk mengatasi situasi dan kejadian disekitarnya. Tetapi anda juga harus tetap memperhatikan perkembangan selera humor anak agar selera humornya tidak menimbulkan masalah untuk dirinya kelak.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: