Alasan Mengapa Buah Kurma Sangat Baik Untuk Buka Puasa

Buah kurma identik dengan buah yang berasal dari timur tengah, namun kini kurma sudah dibudidayakan di berbagai negara termasuk di indonesia. Buah yang mempunyai rasa manis dan nikmat ini memang kerap dijadikan santapan saat bulan ramadhan, selain memang sudah sejak lama dianjurkan sebagai buah yang cocok di konsumsi, Nabi Muhammad SAW juga sangat menganjurkan agar kita mengonsumsi buah kurma baik saat berbuka atau saat sahur. Hal itu karena kandungan di dalam buah kurma sangat baik untuk tubuh terutama bagi orang yang sedang berpuasa. Buah Kurma

Buah kurma segar memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang beragam di dalamnya, namun buah kurma kering juga menyimpan beragam nutrisi serupa dengan buah kurma yang masih segar. Di negara kita ini, buah kurma yang beredar di pasaran biasanya sudah terlihat kering dan berwarna lebih gelap. Namun kandungan di dalamnya masih serupa dan sangat baik bagi tubuh kita. Buah kurma mampu memberikan asupan yang dibutuhkan tubuh sehingga pada saat setelah mengonsumsi buah kurma tubuh siap menerima makanan lain pada saat berbuka puasa.

Selain cocok di konsumsi pada orang yang berpuasa, buah kurna juga sangat baik dijadikan santapan buah setiap hari. Memiliki rasa yang manis dan enak kandungan buah kurma juga sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Dan berikut manfaat buah kurma jika dikonsumsi pada saat berpuasa.

  1. Mampu Melengkapi Kebutuhan Nutrisi

Kandungan vitamin dan mineral tinggi di dalamnya mampu membuat buah kurma melengkapi kebutuhan vitamin dan nutrisi pada orang berpuasa, pasalnya pada saat puasa tubuh akan banyak mengalami kekurangan vitamin dan mineral dan akibatnya pada saat buka dibutuhkan makanan yang cocok untuk kembali melengkapi kebutuhan nutrisi tersebut. Dan buah kurma mampu menjadi makanan yang cocok dikonsumsi saat buka puasa, kandungan dapat mengembalikan stamina dan melengkapi kebutuhan asupan nutrisi dalam tubuh.

  1. Dapat Menormalkan Kadar Darah

Kadar asam dalam darah akan mengalami peningkatan setiap kali tubuh membakar lemak cadangan sebagai energi khususnya pada saat berpuasa. Meningkatkan kadar asam dalam darah dapat membuat tubuh merasa lelah, bau mulut tidak sedap serta dapat memicu beberapa penyakit lainnya. Untuk menormalkan kadar asam dalam darah tersebut, maka dibutuhkan makanan yang mengandung garam alkalin untuk menetralkan kadar asam dalam darah tersebut. Salah satu makanan yang memiliki kandungan tersebut adalah buah kurma, sehingga mengonsumsi buah kurma saat buka puasa dapat membuat kadar asam dalam darah kembali normal dan terhindar dari berbagai penyakit akibat asam darah tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sistem pencernaan menjadi organ paling sering mengalami masalah pada saat puasa, hal itu karena asupan dan makanan yang tidak benar saat buka puasa dapat memicu sistem pencernaan mengalami masalah. Untuk menghindari gangguan pencernaan tersebut sebaiknya konsumsi buah kurma  saat buka puasa, kandungan asam amino dan serat di dalam buah kurma mampu melancarkan sistem pencernaan dan terhindar dari gangguan penyakit pencernaan ketika puasa.

  1. Membuat Lambung Siap Menerima Makanan Lain

Pada saat puasa, perut dan sistem pencernaan dalam tubuh berhenti berproses karena tidak ada makanan yang masuk ke dalamnya. Dan ketika waktu buka puasa datang, biasanya orang akan langsung mengonsumsi makanan-makanan berat dan banyak mengandung lemak. hal itu akan membuat sistem pencernaan anda bermasalah. Jadi sebaiknya sebelum mengonsumsi makanan yang berat sebaiknya konsumsi makanan yang lebih mudah dicerna, salah satunya adalah kurma. Kurma mengandung serat dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, selain itu kurma juga sangat mudah dicerna tubuh dan membuat sistem pencernaan akan lebih siap mengonsumsi makanan lain yang lebih besar.

  1. Dapat Menambah Energi dengan Cepat

Pada saat puasa, tubuh akan banyak mengalami kekurangan nutrisi dan vitamin. Selain itu kadar gula dalam juga mengalami penurunan, dan gula darah itu sendiri merupakan salah satu bahan yang akan diproses menjadi energi dalam tubuh. Nah, dengan mengonsumsi buah kurma yang mengandung kadar gula sehat di dalamnya mampu mempercepat proses pembentukan energi dalam tubuh sehingga membuat rasa lemas dan letih akibat puasa bisa langsung hilang.

Mungkin kita sering melihat atau bahkan mengonsumsi buah kurma selama berpuasa, namun selama ini apakah anda mengetahui manfaat luar biasa dari buah kurma tersebut? Lima manfaat di atas merupakan manfaat yang akan anda peroleh ketika anda mengonsumsi buah kurma saat puasa khususnya pada saat berbuka. Kandungan yang ada di dalamnya mampu menyehatkan tubuh dan menghindarkan anda dari beragam gangguan penyakit saat puasa. Jadi sebaiknya, jadikan buah kurma sebagai menu wajib saat anda berbuka puasa dan rasakan khasiat yang ada di dalamnya.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: