5 Obat Alami Mengatasi Amandel Bengkak

Obat amandel bengkak banyak dicari  orang karena setiap hari penderitanya terus bertambah. Sebenarnya memiliki amandel adalah hal biasa saja, terlebih lagi anak-anak. Anak-anak masih terlalu lemah dari serangan bakteri dan virus sehingga amandel ini berfungsi untuk memperkuat sistem imun mereka. Yang berbahaya disini yaitu bila amandel yang ada sudah sangat besar dan menghalangi lubang kerongkongan sehingga susah untuk menelan makanan, sampai mengakibatkan peradangan. cara menyembuhkan amandel secara alami

Amandel sebenarnya bukan nama dari penyakit tetapi nama kelenjar getah bening yang ada di bagian kiri dan kanan belakang rongga mulut. Banyak faktor pemicu yang dapat menyebabkan amandel membesar dan meradang seperti, mengkonsumsi makanan yang salah.

Obat Alami Mengatasi Amandel Bengkak

Buat anda yang sedang mencari obat amandel alami, anda dapat memanfaatkan bahan yang sudah disiapkan oleh alam. Obat alami ini bermanfaat untuk memperkecil radang amandel yang sudah besar. Dibawah ini adalah obat untuk amandel bengkak alami, yang dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan radang amandel yang sedang diderita :

Daun Mengkudu

Selain buahnya, daun mengkudu diyakini mampu mengatasi bengkak karena radang amandel. Caranya sebagai berikut : Siapkan beberapa lembar daun mengkudu dan dicuci sampai bersih. Rebuslah sekitar 3 menit. Lalu gunakan daun mengkudu ini untuk lalapan yang menemani makan pagi dan siang anda. Memakai daun mengkudu untuk lalapan bukan hanya untuk obat amandel saja tetapi bisa juga untuk obat radang tenggorokan.

Kulit Manggis

Obat amandel bengkak tradisional selanjutnya adalah kulit manggis. Kulit manggis tinggi akan kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas serta penyakit kanker. Amandel yang meradang pun dapat diatasi oleh kulit manggis ini. Caranya sebagai berikut : Siapkan kulit manggis yang telah kering sekitar 15 gram. Sediakan minyak mint secukupnya. Pertama-tama rebuslah kulit manggis, dengan 2 botol air hingga bersisa 1 botol saja. Setelah airnya panas, tambahkan beberapa tetes minyak daun mint. Setelah itu gunakan ramuan ini untuk berkumur secara rutin sampai radang amandel anda mengempes.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata berkhasiat untuk obat amandel bengkak alami, hal ini karena didalamnya terkandung zat antibakteri yang mampu untuk mengatasi penyakit yang diakibatkan oleh infeksi dan radang bakteri. Cara meracik ramuan  radang amandel ini yaitu : Siapkan 2 buah jeruk nipis segar. Sediakan 1/2 sendok teh kapur sirih. Pertama-tama belah jeruk nipis menjadi dua sisi lalu diperas supaya sarinya keluar. Sari yang keluar tersebut campurkan dengan kapur sirih. Aduk sampai rata dan jadikanlah sebagai minuman rutin 3 kali dalam sehari.

Kulit Jeruk Nipis

Selain buahnya kulit jeruk nipis juga dapat dipakai untuk obat mengatasi amandel bengkak. Kulit jeruk nipis ini berfungsi sebagai anti bakteri untuk melenyapkan virus dan bakteri penyebab amandel. Caranya sebagai berikut : Siapkan kulit jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, lalu irislah kulit jeruk nipis menjadi kecil – kecil. Kemudian rebus memakai 2 gelas air sampai tersisa tiga perempatnya saja, lalu saringlah. Jadikanlah rebusan kulit ini untuk kumur-kumur. Lakukan cara ini 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Kunyit Kuning

Anda dapat mengobati radang amandel dengan memakai kunyit kuning. Kunyit kuning didalamnya memiliki anti bakterial yang dapat melenyapkan bakteri dan kuman penyebab amandel. Caranya sebagai berikut : Siapkan kunyit seukuran ibu jari, lalu cuci bersih dan diparut. Setelah itu peraslah parutan kunyit tersebut supaya sarinya keluar. Sari pati yang sudah didapatkan tadi seduh dengan air hangat, lalu tambahkan air jeruk nipis dan madu. Konsumsilah ramuan ini sebanyak 1 kali dalam sehari.

Demikianlah beberapa macam cara yang dapat anda praktekkan untuk mengatasi amandel yang sedang di derita. Tingkat keberhasilan tidak akan sama untuk setiap orang tergantung  tingkat parahnya radang amandel yang diderita. Tidak kalah penting juga tingkat rutinitas mengkonsumsi obat amandel tersebut. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: