5 Macam Penyakit Berbahaya Akibat Rokok

Penyakit akibat rokok memang sudah tergambar jelas dengan adanya peringatan di setiap bungkus rokok untuk menyadarkan perokok bahwa rokok sangat berbahaya terutama untuk kesehatan. dalam satu batang rokok ditemukan lebih dari seribu bahan kimia yang memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan karena dapat merusak hampir seluruh organ tubuh manusia. Dan yang ironisnya lagi bukan hanya penikmat rokok saja yang akan menerima dampaknya tetapi juga lingkungan serta masyarakat yang ikut menghirup asap rokok tersebut. Memang penyakit akibat rokok tidak langsung muncul gejala atau sakit dalam waktu singkat, tetapi perlu waktu secepat – cepatnya akan muncul setelah 5 tahun untuk menimbulkan efek kronis bagi penikmatnya.bukan hanya si penikmat rokok yang menerima imbasnya tetapi juga pemerintah juga akan menerima imbasnya dengan banyak dikeluarkannya dana kesehatan untuk membiayai orang yang terkena penyakit akibat rokok.

Dari Rp. 7,4 trilyun dana yang digunakan sebagai dana jaminan kesehatan masyarakat kurang lebih sebesar Rp. 2,11 trilyun digunakan untuk membiayai pengobatan penyakit akibat rokok. Bukan kah hal ini termasuk pemborosan. Dan dapat mengurangi jatah untuk warga miskin lainnya. Untuk lebih memperjelas tentang bahaya merokok, kami akan menjelaskan tentang 5 macam penyakit akibat rokok yang dapat diderita baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif.

  1. kanker
    ya penyakit mematikan ini dapat juga disebabkan oleh rokok. Berberapa jenis kanker yang dapat disebabkan oleh rokok adalah

    •  kanker paru – paru
      kanker jenis ini memang sangat mudah terjadi karena asap yang dihirup dari rokok akan masuk ke dalam paru – paru. Akibatnya lama kelamaan paru – paru akan gosong dan fungsinya akan terganggu. Resiko kanker paru – paru akan 13 kali lebih besar untuk wanita dan akan 23 kali lebih besar untuk laki- laki.
    • Kanker kandung kemih
      Kanker ini dapat terjadi pada 40 persen perokok aktif. Kanker ini dipicu dengan adanya senyawa 2-naphthylamine dalam rokok.
    • Kanker kerongkongan atau esofagusRokok juga ternyata dapat merusak DNA dari sel kerongkongan atau esofagus yang dapat mengakibatkan kanker kerongkongan. Pada 100 persen kasus kanker esofagus yang telah ditemukan, diketahui bahwa 80 persen penderitanya adalah perokok.
  2. Penyakit jantung dan serangan jantung
    Jatung adalah sebuah organ yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh dan dapat diartikan juga organ yang mengatur kehidupan makhluk hidup. Dengan semakin banyak kita menghirup asap rokok maka semakin banyak juga zat kimia yang masuk ke dalam darah kita sehingga fungsi dari jantung tersebut akan terganggu yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan juga serangan jantung.
  3. Gangguan kehamilan dan janin
    Merokok atau menghisap asap rokok pada saat hamil akan menyebabkan pertumbuhan janin lambat dan meningkatkan resiko bayi lahir dengan kondisi Berat Badan Lahir Rendah, selain itu, rokok juga meningkatkan potensi keguguran pada wanita hamil.
  4. Impotensi
    Toksim yang dihasilkan dari asap rokok dapat menyumbat aliran peredaran darah menuju penis yang mengakibatkan penis tidak terjadi ereksi.
  5. Katarak
    Pada orang merokok , maka potensi menderita katarak 50 persen lebih besar dibandingkan dengan orang lainnya.

Demikianlah 5 macam penyakit berbahaya akibat rokok yang dapat berujung pada kematian, semoga dapat membuka mata anda untuk lebih menyadari tentang pola hidup sehat dengan menghindari rokok.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: