Waspadai Leptospirosis Saat Musim Hujan Tiba

Saat memasuki musim penghujan sering kali banyak orang harus waspada. Selain karena perubahan cuaca yang akan berpengaruh pada kesehatan tubuh juga salah satu yang tidak dapat dihindari saat musim penghujan adalah serangan berbagai penyakit yang akan menyerang sistem ketahanan tubuh. Yang mana pada saat tubuh melemah dan kurang menjaga kebersihan tubuh, maka tentu dengan mudah semua penyakit akan menyerang. Dan salah satu yang harus diwaspadai adalah leptospirosis. Waspadai Leptospirosis Saat Musim Hujan Tiba

Mungkin Anda sering mendengar tentang jenis yang satu ini. Ya, Leptospirosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira yang mana berasal dari air hujan yang kotor. Yang perlu Anda waspadai adalah karena jenis bakteri leptospira ternyata dapat hidup di air tawar dan tanah selama satu bulan. Akan tetapi Anda jangan panik dan khawatir karena jenis bakteri ini bisa dibasmi dengan menggunakan desinfektans seperti lisol. Bakteri leptospira sendiri biasanya akan mendeteksi bagian dinding, lantai, dan bagian rumah yang rentan terkena air kotor saat musim hujan. Untuk itu selalu jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda.

Selain dapat menyerang manusia ternyata bakteri leptospira juga dapat menyerang hewan peliharaan yang ditularkan oleh tikus atau hewan liar lainnya. Seseorang yang terserang leptospirosis pada umumnya ditandai dengan gejala seperti demam tinggi, menggigil, sakit kepala, muntah-muntah, lesu, konjugtivitis atau radang mata dan nyeri otot betis serta punggung. Nah, maka dari itu penting untuk Waspadai Leptospirosis Saat Musim Hujan Tiba, lakukan pencegahan terkena bakteri leptospira dengan melakukan hal-hal seperti di bawah ini :

  1. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan kotoran hewan
  2. Sebisa mungkin gunakan pelindung saat berkontak dengan air kotor, dengan cara menggunakan alas kaki dan pelindung tubuh lainnya.
  3. Usahakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah kontak dengan hewan peliharaan.
  4. Selalu membersihkan lingkungan sekitar rermasuk tempat-tempat kotor seperti sarang tikus.
  5. Cegah dan hindari masuknya tikus ke dalam rumah.
  6. Selalu simpan makanan dan minuman dengan baik di tempat yang bersih.

Jangan khawatir dengan ancaman berbagai penyakit di musim penghujan, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena denga kondisi tubuh yang bersih dan sehat, maka segala macam jenis penyakit dapat dihindari dengan mudah. Untuk itu segera periksakan dan konsiltasi dengan dokter jika menemukan gejala penyakit yang terjadi temasuk leptospirosis.

Itulah tadi ulasan kita tentang Waspadai Leptospirosis Saat Musim Hujan Tiba, merupakan jenis penyakit yang biasanya muncul dan menyerang pada saat musim penghujan. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam menjaga kesehatan serta jangan lupa selalu menjaga kebersihan. Salam sehat selalu!

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: