Velocoraptor Hardisk dengan Kecepatan baca hingga 200 MB/s

Rata-rata kecepatan pada hard disk adalah 7200RPM untuk Hardisk PC atau 5600RPM untuk jenis Hardisk Laptop, hanya beberapa tipe hard disk saja yang berjalan dengan kecepatan di atas itu, salah satunya adalah seri Velocoraptor dari Western Digital (WD). Walaupun Velocoraptor hardisk memiliki fisik sebuah hard disk 3.5 inci, sebenernya hard disk ini memiliki ukuran 2.5 inci yang dipasangkan pada heat sink besar yang bernama Ice Pack. Rangka mounting ini memiliki heat sink terintegrasi, sehingga dapat meredam panas yang dihasilkan oleh kecepatan tinggi platter yang ada di dalamnya.

Velocoraptor Hardisk
Interface yang digunakan dalam hard disk ini adalah SATA 6 Gb/s, selain itu Western Digital juga membekali hard disk ini dengan cache memory sebesar 64 MB. Jika anda ingin melihat kecepatannya, anda dapat melakukan bench-marking menggunakan aplikasi seperti CrystalDiskMark 3.0.1 dan HD Tune Pro 4.60 dan membandingkan hard disk WD Velociraptor dengan WD Blue.

Saat anda menggunakan aplikasi CrystalDiskMark 3.0.1, kecepatan sequential Read dari WD Velociraptor mencapai 212 MB/S dan Write adalah 208 MB/s. Sedangkan untuk WM Blue adalah 66 MB/s untuk kecepatan Read dan 64 MB/s untuk kecepatan Write. Dengan begitu Velociraptor hardisk memiliki kecepatan 3x lipat lebih kencang dibandingkan dengan WD Blue. Angka tersebut sungguh mengejutkan karena selama ini belum pernah ada hard disk WD yang mencapai 200 MB/s bahkan untuk seri Velociraptor sebelumnya. Oya, tipe Velociraptor ini memiliki kapasitas 1 TB (1 Terra Byte = 1000 GB).

Untuk kecepatan acak (random), Velocoraptor juga 2x lipat lebih cepat dibandingkan dengan WD Blue, yaitu 10 ms berbanding dengan 21 ms. Memang kecepatannya belum dapat dibandingkan dengan SSD, tetapi bila Anda ingin mendapatkan media penyimpanan dengan kecepatan tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi, jelas Velociraptor menjadi pilihan utama.

Hardisk Velocoraptor Tahan bekerja selama 24/7

Velocoraptor Hardisk sendiri dirancang agar tahan bekerja selama terus-menerus dalaman 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Cocok sekali digunakan untuk standar PC workstation. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda yang sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi dengan aktifasi penulisan yang intensif, seperti penGeditan video yang membutuhkan kemampuan tulis tinggi pada hard disk.

Velocoraptor Hardisk saat ini tersedia dalam 3 kapasitas, yaitu 1 TB, 500 GB, dan 250 GB. Silahkan anda coba kecepatan Velocoraptor Hardisk yang kecepatannya tida tanding.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: