Tips Puasa Bagi Pekerja Berat Agar Tetap Lancar

Puasa adalah ibadah wajib yang harus dilakukan bagi orang muslim baik pria maupun wanita, sehingga tidak ada alasan apapun untuk meninggalkannya selama masih memiliki fisik yang mampu menjalankan puasa. Namun ternyata perintah tersebut agaknya semakin diabaikan oleh banyak orang, hanya karena pekerjaan mereka rela meninggalkan puasa. Padahal selain sebuah kewajiban, puasa juga memiliki manfaat luar biasa jika dijalankan dengan benar dan niat yang ikhlas. Begitu juga dengan pekerjaan, kita tidak bisa meninggalkan pekerjaan hanya karena menjalankan puasa, apalagi jika anda bekerja di sebuah perusahaan, dimana anda harus taat perintah dan menjalankan semua suruhan atasan anda. Jika pekerjaan anda masih sebatas pekerjaan ringan yang hanya  membutuhkan sedikit energi dan berada di dalam rangan, maka pekerjaan tersebut tentu tidak akan mengganggu puasa yang anda jalankan. Kerja Berat Saat Puasa

Namun bagaimana dengan para pekerja keras yang dituntut mengeluarkan tenaga saat melakukan pekerjaannya, apakah mereka boleh meninggalkan puasa atau ada keringanan. Apapun pekerjaan anda, puasa tetaplah ibadah wajib yang harus dilakukan semua orang muslim pada bulan ramadhan, sehingga alasan pekerjaan berat tidak akan membuat anda boleh meninggalkan puasa. Memang bukan perkara mudah mejalankan puasa bagi mereka para pekerja berat yang banyak menghabiskan waktu bekerja dibawah terik matahari dan membutuhkan energi yang sangat besar. Pada saat puasa, tubuh akan banyak kehilangan cairan dari segala aktivitas yang anda lakukan. Apalagi jika anda seorang pekerja berat yang banyak mengeluarkan keringat dan kekurangan untuk melakukannya, maka tak heran dalam sekejap tubuh anda akan banyak kehabisan cairan. Dan tentu akan membuat tubuh terasa sangat haus, lemas dan seakan tidak sanggup menjalankan puasa.

Apapun pekerjaan anda, sejatinya tidak akan mengganggu puasa, jika puasa yang anda jalankan dengan benar dan niat yang ikhlas. Mulai dari makanan yang anda konsumsi saat sahur hingga cara anda mengonsumsi makanan saat buka dan sahur merupakan hal yang harus anda perhatikan jika ingin tetap kuat puasa selama melakukan pekerjaan berat sekalipun. Dan berikut berhasil kami rangkum, tips puasa bagi pada pekerja berat agar tetap lancar.

  1. Penuhi Konsumsi Makanan Bergizi

Saat puasa tubuh memang membutuhkan banyak nutrisi dan cairan pada saat siang hari, pasalnya di siang hari bulan puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan apapun. Kondisi tersebut akan membuat tubuh anda terasa sangat lemas dan letih. Bagi anda yang merupakan seorang pekerja berat dan ingin menjalankan puasa, maka sebaiknya konsumsi dan penuhi kebutuhan makanan bergizi tubuh anda saat sahur atau buka puasa. Dengan melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka pada saat anda melakukan pekerjaan berat tubuh akan memiliki energi yang maksimal dan puasa yang anda jalankan akan tetap lancar hingga waktu berbuka.

  1. Lengkapi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu alasan mengapa orang yang melakukan pekerjaan berat kerap merasa tidak sanggup menjalankan puasa adalah karena saat bekerja tubuh mengalami kehabisan banyak cairan. Dan sejatinya tubuh membutuhkan cairan setidaknya minimal 8 gelas per hari, jadi meskipun sedang berpuasa kita tetap harus melengkapi kebutuhan cairan tersebut pada saat sahur dan buka puasa. Anda bisa membagi jumlah konsumsi cairan selama sahur dan buka puasa. Dengan demikian kebutuhan cairan tubuh akan tetap terpenuhi, dan saat anda bekerja tubuh tetap berstamina dan puasa anda juga tetap lancar.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Selain makanan kaya vitamin dan cairan, tubuh anda juga membutuhkan makanan kaya serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan lancarnya sistem pencernaan dalam tubuh, maka makanan yang anda konsumsi bisa dicerna dengan sempurna dan menghasilkan energi untuk tubuh. Sehingga ketika anda melakukan pekerjaan, tubuh anda akan memiliki energi dan tetap berstamina. Dengan demikian maka puasa yang anda jalankan juga tidak akan mengalami gangguan dan kendala apapun.

Dan perlu anda ingat, jangan pernah sekali-kali meninggalkan puasa tanpa ada halangan yang memang sangat fatal. Pasalnya sekali saja anda meninggalkan puasa, maka selanjutnya anda akan terbiasa dan dengan mudah membatalkan puasa yang sedang anda jalankan. Karena sejatinya puasa adalah bentuk ibadah wajib yang harus anda lakukan jika anda umat muslim, selain itu puasa juga merupakan bentuk ketaatan dan rasa syukur kita kepada sang khalik dengan menjalankan perintahnya.

Nah, sekalipun anda seorang dengan pekerjaan berat, sebaiknya tetaplah untuk menjalankan puasa. Karena selain memiliki manfaat bagi kesehatan, puasa juga akan membuat semua yang anda kerjakan dan anda jalankan menjadi lebih berkah. Aplikasikan 3 cara di atas agar puasa yang anda jalankan selama bekerja tetap lancar hingga waktu berbuka.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: