Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Berpuasa

Daya tahan tubuh memang penting sekali untuk dijaga, tak hanya selama berpuasa saja, daya tahan tubuh pun mesti diperhatikan tingkat kekebalannya setiap waktu. Pasalnya daya tahan tubuh berfungsi sebagai proteksi tubuh dari beragam ancaman dan gangguan bakteri virus penyebab penyakit. Namun, pada saat puasa biasanya daya tahan tubuh akan sedikit mengalami penurunan akibat perut dalam keadaan kosong, sehingga kebutuhan asupan seperti vitamin C, antioksidan mengalami penurunan. Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Kedua vitamin tersebut memiliki fungsi yang sangat luar biasa terhadap sistem kekebalan tubuh kita, sehingga imun tubuh akan semakin kuat melawan virus penyebab penyakit yang mencoba masuk di dalam tubuh. Meskipun dalam keadaan puasa, kita tetap bisa melengkapi kebutuhan asupan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit. Penurunan daya tahan tubuh saat puasa dapat ditandai dengan tubuh merasa lemas, lesu dan letih. Keadaan tersebut menandakan tubuh anda benar-benar mengalami penurunan sehingga jika tidak di atas, dapat memicu penyakit.

Untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa tentu dilakukan pada saat sahur dan buka puasa, pasalnya kedua waktu tersebut adalah waktu dimana kita bisa makan dan minum. Ada beberapa jenis nutrisi dan vitamin yang harus kita lengkapi selama puasa agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. Baik dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin tersebut maupun dengan mengonsumsi suplemen khusus vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan berikut tips dan cara agar daya tahan tubuh teta terjaga selama berpuasa.

  1. Lengkapi Kebutuhan Protein

Saat waktu buka puasa tiba, kita sudah boleh mengonsumsi makanan dan minuman. Namun perlu diingat, jenis makanan yang perlu anda konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh adalah makanan kaya protein. Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk energi sehinga daya tahan tubuh tetap terjaga. Adapun sumber makanan yang kaya protein adalah sayuran, telur, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya jadikan makanan tersebut sebagai menu buka dan sahur anda agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  1. Konsumsi Vitamin C

Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh selama puasa, kita juga dianjurkan untuk melengkapi vitamin C di dalam tubuh. Vitamin C memiliki fungsi yang sangat laur baisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain vitamin C, vitamin lain seperti Vitamin E dan D juga perlu untuk dilengkapi, karena vitamin tersebut juga memiliki fungsi serupa dengan vitamin C yakni sebagai antioksidan. Adapun sumber vitamin bisa anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Jadi sebaiknya pada saat puasa perbanyak lah konsumsi buah dan sayuran, khususnya buah yang kaya vitamin C di dalamnya serta buah-buahan lain yang mampu melengkapi kebutuhan vitamin untuk tubuh.

  1. Lengkapi kebutuhan Kalsium dan Mineral

Mineral memang sangat dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme, selain itu mineral juga dapat menjaga daya tahan tubuh selama puasa agar tidak terhindar dari penyakit. Selain mineral, asupan lain yang perlu anda penuhi adalah kalsium, ketika tubuh anda kekurangan kalsium maka dampaknya akan mengakibatkan rasa lemas dan lesu. Jadi agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama berpuasa konsumsi lah makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan mineral seperti susu, kurma dan makanan lainnya.

Menjaga daya tahan tubuh saat puasa akan sangat diperlukan guna puasa yang kita jalankan tetap nyaman dan lancar. Karena jika kita terus membiarkan kondisi daya tahan tubuh menurun maka tidak menutup kemungkinan berbagai penyakit anda merang anda. Dan akibatnya akan berdampak pada kelancaran puasa yang kita jalani.

Selain melengkapi makanan dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Memilih jenis makanan yang kita konsumsi juga sangat diperlukan, pasalnya pada saat puasa kita tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, karena makanan-makanan yang tak sehat justru akan membuat anda mengalami masalah pada sistem pencernaan. Dengan menjaga pola konsumsi dan cara konsumsi sehat, maka bisa dipastikan kita akan mendapatkan manfaat dari berpuasa tersebut dan terhindar dari beragam masalah kesehatan.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: