Tips Maksimalkan Istirahat Agar Tetap Fit Saat Puasa

Puasa merupakan agenda wajib bagi umat muslim tiap tahunya, selama lebih kurang 1 bulan lamanya kita dianjurkan untuk berpuasa menahan haus dan lapar serta hawa nafsu dari pagi hingga sore hari. Secara medis puasa memang baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Namun tak kita pungkiri, bahwa pada saat puasa tubuh cenderung kurang fit dan terasa sangat lemas. Hal itu akibat tubuh tidak mengonsumsi makanan dan minuman pada siang harinya. Meskipun puasa kita tidak dianjurkan untuk bermalas-malasan karena tubuh terasa sangat lemas dan lesu, kita tetap dianjurkan melakukan aktivitas seperti biasa layaknya pada hari-hari selain puasa. Istirahat Saat Puasa

Awal-awal memasuki masa puasa mungkin tubuh benar-benar akan terasa tidak fit, apalagi jika ditambah terik sinar matahari begitu menyengat. Namun pada puasa-puasa selanjutnya tubuh akan semakin terbiasa sehingga rasa lelah dan lesu menjadi lebih berkurang. Sejatinya, saat puasa kita juga masih bisa memaksimalkan waktu istirahat agar kondisi tubuh kita tetap dalam keadaan fit, pasalnya dengan menggunakan waktu istirahat yang tepat saat puasa, maka tubuh akan terhindar dari rasa lesu dan lemah saat berpuasa. Karena meskipun berpuasa, seperti yang sudah kita jelaskan di atas bahwa kita tetap harus melakukan aktivitas dan kegiatan kita sehari-hari.

Nah, agar tubuh bisa tetap fit saat puasa, ada beberapa tips dan cara dengan memaksimalkan waktu istirahat yang kita punya. Karena kondisi tubuh pada saat puasa berbeda saat hari biasa, sehingga memaksimalkan istirahat yang tepat benar-benar akan membantu meningkatkan stamina tubuh. Dan berikut berhasil kami rangkum beberapa tips memaksimalkan istirahat saat puasa agar kondisi tubuh tetap fit.

  1. Gunakan Waktu Istirahat Siang dengan Maksimal

Ketika tubuh mulai terasa lemas dan lesu saat puasa atau saat sudah memasuki waktu siang hari biasanya kondisi stamina tubuh semakin berkurang. Nah, biasanya aktivitas yang kerap dilakukan orang saat berpuasa pada siang hari adalah dengan istirahat siang. Memaksimalkan waktu tersebut adalah hal yang harus anda lakukan, pasalnya dengan beristirahat maksimal minimal 15 atau 20 menit pada siang hari maka selanjutnya tubuh bisa kembali terasa segar dan mampu mengembalikan energi tubuh yang hilang.

  1. Hindari Begadang

Waktu malam hari pada saat puasa biasanya digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan pada siangnya, selain itu banyak orang menghabiskan waktu malam saat puasa dengan begadang hingga tiba masa sahur. Dengan demikian tubuh akan benar-benar merasa kelelahan dan menjadi mudah tidak fit. Pasalnya pada saat puasa tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup, jadi sebaiknya pergunakan malam hari agar istirahat dengan cepat seperti misalnya setelah shalat tarawih hingga waktu sahur datang. Dengan beristirahat yang cukup maka kondisi tubuh saat puasa akan tetap fit dan membuat anda menjadi bersemangat.

  1. Hirup Udara Segar

Untuk membuat tubuh tetap fit, selain beristirahat cukup, menghirup udara segar baik di siang atau pagi hari sangat baik untuk dilakukan. pasalnya dengan demikian selain tubuh menjadi lebih segar pikiran anda pun akan menjadi fresh. Jadi sebaiknya luangkan waktu anda untuk sekadar keluar rumah menghirup udara segar dan dapat merelaksasi sistem saraf anda.

Selain memanfaatkan waktu istirahat dengan tepat, ternyata makanan yang anda konsumsi pada saat sahur dan buka puasa juga menentukan tingkat stamina dalam tubuh anda. Semakin baik nutrisi dan kandungan di dalam makanan yang anda konsumsi maka semakin baik pula energi yang anda peroleh pada saat berpuasa. Kecukupan energi saat puasa sangat penting untuk membuat tubuh tetap fit dan semangat melakukan segala aktivitas.

Selain itu, untuk tetap menjaga kebugaran dan stamina tubuh agar tetap fit, kita juga sebaiknya menjaga kondisi cairan dalam tubuh agar tidak kekurangan meskipun dalam keadaan berpuasa. Karena kebutuhan cairan tubuh sangat berpengaruh terhadap stamina dan kebuguran tubuh. Jadi sebaiknya tetap penuhi asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi minimal 8 gelas air putih dan sesuaikan pada saat buka dan saat sahur. Dengan demikian tubuh anda akan terhindar dari dehidrasi dan tetap fit saat berpuasa.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: