Tips Hindari Masalah Darah Rendah Saat Puasa

Pada saat puasa tubuh memang kerap mengalami beragam masalah kesehatan jika pola konsumsi dan keseimbangan konsumsi selama puasa tidak anda jaga. Puasa yang sejatinya adalah aktivitas dan ibadah yang baik untuk kesehatan bisa malah justru akan mendatangkan penyakit jika anda sembarangan dan tidak menjaga konsumsi sehat saat puasa. Banyak penyebab terjadinya gangguan masalah kesehatan saat puasa, salah satu paling umumnya adalah akibat tidak memedulikan jenis makanan yang anda konsumsi selama berpuasa, serta tidak mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh saat puasa. Darah Rendah Saat Puasa

Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi saat puasa adalah darah rendah. Dimana kadar tensi darah mengalami penurunan dari biasanya hingga dibawah angka 100 mmHg. Hal itu tentu disebabkan karena perubahan pola konsumsi serta akibat tubuh banyak mengalami kekurangan nutrisi dan vitamin. Namun jika anda peduli dengan apa yang anda konsumsi selama puasa serta memerhatikan jenis asupan makanan, tentu masalah darah rendah tidak akan menyerang anda. Penyebab utama kadar tekanan darah menjadi rendah saat puasa adalah akibat banyak kehabisan cairan tubuh, kekurangan garam serta pola istirahat yang kurang.

Semua penyebab itu sebenarnya bisa kita atasi saat puasa dan sudah pasti akan terhindar dari masalah tekanan darah rendah. Gejala yang timbul akibat tekanan darah rendah adalah tubuh terasa lemas, letih, lesu, keringat berlebihan, kepala pusing serta tubuh serasa tidak memiliki energi. Gejala tersebut memang sering dialami orang yang berpuasa, namun mereka tak menyadari bahwa gejala tersebut adalah gejala darah rendah. Kadar darah rendah yang terus dibiarkan dalam waktu lama justru akan berakibat timbulnya masalah penyakit lain yang berbahaya dalam tubuh. Jadi selama puasa tak hanya sekadar mengonsumsi makanan sehat saja yang dianjurkan, namun menjaga tubuh agar terhindar dari masalah darah rendah juga sangat penting untuk dilakukan. Dan berikut kami rangkum tips mencegah darah rendah saar puasa.

  1. Lengkapi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meskipun selama berpuasa anda tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman apapun, namun tetap saja kebutuhan cairan tubuh harus anda penuhi guna terhindar dari masalah darah rendah. Cara melengkapi kebutuhan cairan saat puasa adalah dengan tetap mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas saat sahur dan buka puasa. Anda bisa membagi jumlah asupan cairan saat puasa, yakni dengan 4 gelas saat sahur dan 4 gelas atau lebih saat anda berbuka. Dengan melakukan cara tersebut maka kebutuhan cairan anda pada saat puasa tetap terpenuhi. Selain menyebabkan darah rendah, kekurangan cairan juga dapat memicu gejala penyakit lain seperti dehidrasi, sembelit dan lain sebagainya. Jadi jangan jadikan alasan sedang berpuasa, sehingga anda tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap hari.

  1. Cukupi Asupan Garam dalam Tubuh

Salah satu penyebab kadar darah menurun adalah akibat tubuh kekurangan asupan garam. Saat puasa kita tentu tidak bisa mengonsumsi makanan untuk melengkapi kadar garam di siang harinya, pada hal dalam sehari setidaknya tubuh membutuhkan 10-20 gram garam atau 1-2 sendok teh gram setiap hari. Namun meskipun puasa, anda tetap masih bisa melengkapi kebutuhan garam pada tubuh pada saat sahur dan buka puasa. Konsumsi lah makanan yang mengandung garam saat sahur atau buka puasa, dan perlu di ingat tubuh hanya membutuhkan 1 atau 2 sendok garam saja setiap hari. Jadi jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan bergaram tersebut, karena alih-alih ingin mencegah darah rendah, malah justru akan berdampak pada tekanan darah tinggi jika kadar garam terlalu berlebihan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Selain melengkapi kebutuhan cairan dan garam setiap hari, saat puasa anda juga dianjurkan mengonsumsi makanan sehat khususnya pada saat sahur dan buka. Makanan yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari tekanan darah rendah adalah bayam, hati ayam, keju serta hindari beberapa makanan yang terlalu pahit dan asam. Karena makanan-makanan tersebut malah justru akan mengganggu sistem pencernaan anda. Dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan vitamin di alamnya maka masalah darah rendah tidak akan anda alami selama berpuasa.

  1. Lengkapi Kebutuhan Vitamin

Dan selanjutnya yang harus anda lakukan agar terhindar dari masalah tekanan darah rendah saat puasa adalah dengan melengkapi kebutuhan vitamin dalam tubuh selama berpuasa, yakni vitamin B, Protein dan vitamin C. Nutrisi dan vitamin tersebut tak hanya mencegah tekanan darah rendah, namun sangat baik menjaga stamina dan kebugaran tubuh anda saat puasa. Sumber vitamin bisa anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran, atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin yang dibutuhkan tersebut.

Selain 4 tips dan cara yang bisa anda lakukan agar terhindar dari tekanan darah rendah, saat puasa anda juga sebaiknya melakukan aktivitas olahraga. Anda tak harus melakukan olahraga berat, karena olahraga berat saat puasa hanya akan mempengaruhi puasa anda. Cukup melakukan olahraga ringan seperti joging, lari kecil di sekitar perumahan anda selama lebih kurang 30 menit saja. Dengan olahraga selain tubuh menjadi sehat, olahraga juga mampu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Sehingga dengan olahraga tersebut anda akan terhindar dari gangguan darah rendah serta membuat tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: