Tips dan Saran untuk Ibu Hamil

Perubahan fisiologis ibu hamil sering menyebabkan kelelahan. Jadi selama kehamilan, ibu hamil harus memperhatikan perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh. Berikut ini adalah informasi dan saran untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui. Tips dan Saran untuk Ibu Hamil

Pemeriksaan Kandungan

Anda harus melakukan pemeriksaan berkala dengan dokter kandungan secara teratur sejak awal kehamilan. Selama kehamilan tubuh Anda akan memiliki perubahan yang sangat besar, pemeriksaan berkala akan membantu Anda beradaptasi dan memiliki pemahaman tentang perubahan dalam tubuhnya. Pemeriksaan kandungan secara berkala juga membuat Anda lebih percaya diri agar Anda tahu bagaimana Anda cara agar kehamilan selalu sehat. Melalui kunjungan dokter kandungan atau bidan secara rutin juga memberitahu Anda tentang gejala-gejala yang Anda alami dan perawatan kehamilan yang benar. Selain itu, tes kehamilan secara berkala juga dapat membantu Anda memantau kemajuan anak Anda tumbuh di dalam rahim. Pemeriksaan kandungan secara berkala adalah langkah yang baik bagi ibu dan bayi.

Nutrisi untuk ibu dan bayi

Nutrisi adalah unsur yang sangat perlu dan penting selama kehamilan Anda. Kehamilan membutuhkan fisik yang sehat untuk memastikan perkembangan janin yang sehat dan dapat membantu anda mengurangi rasa kelelahan dan perubaham mood. Selain penting mengikuti saran dari dokter Anda, Anda harus menambahkan lebih banyak kelompok vitamin B seperti : daging tanpa lemak, ayam, ikan untuk mengurangi gejala anemia, kekurangan zat besi, juga dapat menyebabkan mual. Menambahkan kelompok vitamin D yang ditemukan dalam daging, telur, susu  yang berfungsi untuk membantu perkembangan tulang pada janin, mencegah rakhitis langsung dari rahim. Selain itu juga menambahkan DHA untuk perkembangan otak yang optimal dan cerdas saat lahir.

Masalah psikologis kehamilan

Sebagian besar, Anda tidak tahu tentang perubahan psikologis selama kehamilan, terutama bagi wanita hamil untuk pertama kalinya. Karena perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan sehingga Anda akan sangat lelah, nafsu makan berkurang, pelupa dan sangat mudah marah. Perubahan psikologis akan bervariasi dari siklus kehamilan. Dalam 3 bulan pertama kehamilan, Anda akan merasa cemas, takut, kelelahan, mudah marah dan pelupa. Dari bulan 4-6 kehamilan, Anda merasa perubahan pada janin sehingga masih mempengaruhi mood. Dalam minggu terakhir Anda mungkin akan merasa cemas, kesepian, bosan. Saran terbaik adalah dengan mencoba untuk membangkitkan naluri keibuan, memikirkan anak-anak Anda, dan terutama untuk mencoba lebih rileks dengan melakukan relaksasi. Membaca dan berjalan adalah salah satu cara untuk membantu pikiran menjadi lebih nyaman. Jika tidak, Anda bisa curhat, berbagi perasaan Anda dengan suami Anda, dengan kerabat dan teman-teman. Selain itu, yoga adalah cara untuk membantu mendapatkan kenyamanan dengan sangat efektif.

Larangan selama kehamilan

Anda benar-benar harus menghindari mengkonsumsi zat berbahaya seperti alkohol, tembakau, atau zat yang mengandung alkohol. Zat seperti ini sangat berbahaya bagi janin, yang dapat mempengaruhi perkembangan jangka panjang pada janin, terutama di bulan-bulan awal, karena penggunaan zat ini dapat menyebabkan keguguran. Dan harus anda hindari.

Tips di atas akan membantu Anda mengurangi rasa cemas dan merasa lebih nyaman selama kehamilan. Memberikan pengetahuan untuk merawat malaikat kecil Anda dan yang belum lahir. Sekian sudah Tips dan Saran untuk Ibu Hamil, semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat bagi Anda.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: