Tips dan Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut secara umum terjadi akibat adanya masalah pada kesehatan di dalam mulut, karena faktanya bau mulut 90% berasal dari mulut dan selebihnya berasal dari hidung, sinus dan pencernaan. Begitu juga pada saat puasa, kondisi mulut kering serta makanan yang anda konsumsi saat sahur juga dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut tak sedap saat puasa memang hal yang wajar, namun hal tersebut tentu akan mengganggu dan membuat kita tak nyaman ketika berada di dekat orang lain. Selain karena beberapa hal yang telah kita sebutkan, bau mulut juga bisa terjadi akibat buruknya higienitas mulut kita. Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Tak hanya pada saat berpuasa saja, bau mulut juga sering terjadi di hari-hari biasa. Hal itu tentu dikarenakan karena banyak faktor, mulai dari akibat bakteri hingga karena adanya gangguan penyakit di dalam tubuh. Namun yang mendasari bau mulut saat puasa adalah akibat sisa makanan, serta bakteri yang berkembang di dalam mulut dan memecah menjadi gas yang beraroma tak sedap. Mungkin bisa dibilang, semua orang yang berpuasa akan mengalami hal ini, pasalnya kondisi puasa yang harus menahan makan dan minum selama satu hari membuat keadaan mulut menjadi kering, sehingga sisa makanan yang terdapat di dalamnya akan mengeluarkan aroma tak sedap.

Namun, jika anda mengetahui dan menjaga kebersihan mulut anda, meskipun dalam keadaan berpuasa bau mulut tidak akan terjadi. Ada beberapa cara dan tips yang bisa anda lakukan guna mencegah bau mulut saat berpuasa, dan berikut berhasil kami rangkum tips dan cara mencegah bau mulut saat puasa dengan mudah.

  1. Membersihkan Gigi dan Mulut Usai Sahur

Hal pertama yang harus anda lakukan agar terhindar dari bau mulut saat puasa adalah dengan rajin membersihkan gigi dan mulut setelah selesai berbuka dan sahur. Pasalnya pada saat buka dan sahur, sisa makanan yang terperangkap di sela gigi dan mulut jika tidak segera dibiarkan akan membuat mulut anda mengeluarkan aroma tak sedap. Pada saat usai sahur, sebaiknya gosok dan gunakan obat kumur sebelum masuk waktu imsak, jika tidak, dikhawatirkan sisa makanan atau air kumur bisa saja masuk ke dalam tenggorokan dan membuat puasa anda batal. Selain itu, sebaiknya gosok juga bagian lidah anda agar sisa makanan di area lidah juga ikut hilang. Dengan membersihkan gigi dan mulut usai sahur, hal itu akan membuat mulut bersih dan terasa segar. Sehingga mulut anda tidak berbau selama menjalankan puasa.

  1. Gunakan Cairan Pembersih Mulut

Selain menggosok dan membersihkan lidah, anda juga bisa membersihkan mulut menggunakan cairan pembersih mulut. Dan sebaiknya proses membersihkan dengan cairan ini dilakukan setelah sahur sebelum imsak, hal karena dikhawatirkan jika anda berumur dengan obat kumur pada saat sudah imsak, sisa cairan atau air kumur yang anda gunakan ikut tertelan dan mengakibatkan puasa anda batal. Sensasi setelah menggunakan obat kumur tentu akan membuat mulut terasa segar dan bersih, sehingga saat menjalankan puasa mulut anda tetap bersih dan terhindar dari bau mulut.

  1. Konsumsi Banyak Air

Selain itu, untuk menghindari bau mulut saat puasa anda juga bisa dengan minum air dalam jumlah yang cukup pada saat sahut dan buka. Hal itu karena, ketika berpuasa, tubuh akan kehabisan banyak cairan termasuk cairan di area mulut, sehingga mulut yang kering akan membuat bau mulut tidak sedap. Untuk mencegah hal itu, anda bisa mengonsumsi air minum dalam jumlah yang banyak agar kebutuhan cairan tubuh dalam sehari bisa terpenuhi. Selain mencegah bau mulut, melengkapi kebutuhan cairan tubuh juga akan membuat anda tidak mudah merasa haus dan lemas.

  1. Hindari Mengonsumsi Beberapa Makanan

Ada beberapa makanan yang bisa mengakibatkan bau mulut saat puasa, hal itu karena aroma dari makanan yang tersebut sangat kuat sehingga akan membuat mulut anda menjadi bau. Jadi selain memenuhi kebutuhan cairan, menghindari beberapa makanan tertentu juga dapat mencegah bau mulut saat puasa. Dan adapun beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari adalah bawang, petai, jengkol dan makanan-makanan yang memiliki aroma tajam. Selain itu, hindari juga untuk mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, pasalnya makanan pedas akan membuat mulut mudah kering dan mengakibatkan bau mulut.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain menghindari beberapa makanan beraroma tajam, anda juga bisa memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur agar terhindar dari bau mulut saat puasa. Buah dan sayuran tersebut akan menjaga mulut tetap segar dan terhindar dari bau mulut. Beberapa buah dan sayuran yang bisa anda konsumsi seperti Buah semangka, pir, pisang, apel, daun kemangi, teh hijau dan daun mint. Selain membuat mulut terasa segar, kandungan air di dalam buah dan sayuran tersebut juga akan membantu mulut agar tidak mudah kering.

Bau mulut saat puasa sebenarnya hal biasa dan hampir semua orang mengalaminya, sehingga tidak begitu masalah jika anda membiarkannya. Namun apakah anda merasa nyaman ketika anda berbicara dengan orang banyak dan mulut ada memiliki bau tak sedap. Jadi agar terhindar bau mulut saat puasa sebaiknya lakukan tips dan cara yang telah kita bahas di atas. Selain membantu mencegah bau mulut, cara di atas juga akan menjauhkan mulut dari beragam masalah kesehatan mulut.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: