Tips dan Cara Hindari Dehidrasi Saat Berpuasa

Hal paling umum yang terjadi selama berpuasa adalah kekurangan cairan, karena puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan haur dan lapar dari waktu sahir hingga saatnya buka puasa. Tak heran jika saat berpuasa kita kera merasa haus yang sangat luar biasa, apalagi setelah melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari. Namun tidak semua orang saat puasa akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, ada orang yang cenderung mengetahui dan mempersiapkan cara agar terhindar dari dehidrasi, dan hasilnya tubuh mereka tetap sehat dan berstamina saat berpuasa. Dehidrasi Saat Puasa

Normal rasanya jika kita mengalami kehabisan cairan saat puasa, pasalnya setiap saat tubuh selalu membutuhkan cairan untuk proses pencernaan dan juga metabolismenya. karena sejatinya 80 tubuh kita mengandung air dan membutuhkan banyak asupan cairan di dalamnya. Jika masih dalam kondisi hanya sebatas kehausan saja, mungkin itu hal wajar yang dirasakan akibat puasa. Namun jika kondisi tubuh sudah benar-benar dehidrasi yang cukup parah maka penanganan harus segera dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak didinginkan. Dan perlu anda ketahui bahwa dehidrasi dapat mematikan dan membuat organ tubuh menjadi tak berfungsi kembali.

Untuk menghindari hal-hal berbahaya yang terjadi pada tubuh kita saat puasa, sebaiknya perhatikan tips dan cara yang berhasil kami rangkum untuk menghindari dehidrasi saat sedang puasa. Karena selain kehabisan cairan dalam tubuh, penyebab dehidrasi juga beragam, mulai dari mengonsumsi makanan yang mempercepat penyerapan cairan dan penyebab-penyebab lainnya. Dan berikut tips terhindar dari dehidrasi selama puasa.

  1. Penuhi kebutuhan cairan selama sahur dan buka

Di hari-hari biasa mungkin kita tidak akan kesulitan melengkapi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya, namun dibutuhkan tips tersendiri untuk tetap melengkapi cairan tubuh saat berpuasa. Meskipun dalam sehari kita hanya diperbolehkan minum dan makan hanya 2 kali saja yakni buka dan sahur, namun dengan menyiasati dengan benar makan asupan cairan tubuh bisa tetap terpenuhi. Cara adalah dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Pada saat puasa kita bisa membagi 8 gelas tersebut pada saat sahur dan buka puasa. yakni 4 gelas saat sahur dan selanjutnya setelah berbuka puasa. Dengan trik ini tentu tubuh anda akan tetap terlengkapi kebutuhan cairannya setiap hari meskipun sedang dalam berpuasa.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Minuman manis menjadi menu buka puasa yang selalu hari dan sangat nikmat. Namun perlu anda ketahui, bahwa di dalam minuman manis tersebut mengandung kalori yang sangat tinggi, kalori tersebut jika sudah dalam ukuran di atas normal tentu akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, Ketika kadar gula meningkat maka tubuh akan kerap dan cepat merasa haus dan lapas serta dapat mengakibatkan beragam penyakit berbahaya lainnya.

  1. Hindari Konsumsi Teh Saat Puasa

Mungkin sebagian anda tak mengetahui, bahwa di dalam teh terkandung zat yang dapat menarik cairan dalam tubuh dengan cepat. Sehingga pada saat anda sering mengonsumsi teh saat buka atau sahur, maka jangan heran jika anda akan cepat lapar dan haus.

  1. Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Cairan

Selain melengkapi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung cairan juga sangat dianjurkan agar terhindar dari dehidrasi saat puasa. Jadi pada saat berpuasa pilih menu makanan yang mengandung kuah, seperti sup, sayur bening dan makanan kuah lainnya. Hal selain dapat memperlancar pencernaan tubuh juga meminimalkan risiko dehidrasi selama berpuasa.

Di sarankan kepada anda, pada saat pertama kali berbuka puasa, pastikan jangan langsung mengonsumsi minuman manis atau dingin. Usahakan agar mengonsumsi air putih sebelum menyantap jenis makanan lainnya. Hal itu bertujuan agar cairan yang banyak terkuras menjadi pertama kali anda penuhi dan akan berdampak terhadap kesehatan pencernaan.

Jadi sebaiknya perhatikan beberapa tips dan cara di atas agar kita terhindar dari masalah dehidrasi atau kehabisan cairan selama berbuka puasa. Jangan jadikan ibadah puasa sebagai aktivitas yang menyakitkan tubuh, namun jadikan sebagai proses menyehatkan tubuh. Dengan catatan kontrol pola konsumsi dan kebutuhan cairan tubuh anda selama berpuasa.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: