Tips dan Cara Agar Kuat Berpuasa Saat Tidak Sahur

Puasa adalah ibadah wajib umat muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan, dimana puasa adalah aktivitas menahan haus dan lapar dari selesai sahur hingga sampai waktu buka puasa. Kegiatan sahur dilakukan adalah guna orang yang berpuasa memiliki bekal energi saat puasa di siang harinya. Namun meskipun demikian, terkadang ada saja orang yang sengaja atau tidak sengaja melewatkan sahur saat menjalankan puasa. Meskipun tetap sanggup menahan haus dan lapar hingga tiba waktu berbuka, namun tetap saja melewatkan sahur dapat mempengaruhi tubuh saat menjalankan puasa. Tidak Sahur Saat Puasa

Dalam keadaan sahur sekalipun, orang berpuasa terkadang merasa sangat lapar dan lemas, bagaimana jika tidak sahur. Itulah mengapa sahur menjadi hal yang harus dilakukan bagi orang berpuasa agar puasa yang dijalankan tetap lancar hingga berbuka. Namun tak sedikit mereka yang meninggalkannya. Dan bahkan ada orang yang secara sengaja memilih tidak sahur ketimbang sahur sebelum puasa dengan alasan tertentu. Namun jika menilik fungsi dan manfaatnya, sahur adalah bentuk simpanan atau cadangan makanan yang nantinya akan menjadi energi saat menjalankan puasa. Makanan-makanan yang dikonsumsi saat sahur sebaiknya makanan kaya nutrisi yang mampu membuat kita memiliki energi ekstra saat menjalankan puasa.

Bagi anda yang tak biasa melewatkan sahur tentu akan bertanya-tanya, apa mungkin sanggup mereka yang tidak sahur menjalankan puasa seharian? Dan faktanya banyak orang yang tidak sahur juga masih tetap sanggup menjalankan ibadah puasa, walaupun dari sisi kesehatan hal itu bisa berdampak tidak baik terhadap tubuh. Dan berikut kami rangkum, cara agar tetap kuat berpuasa saat tidak sahur. Tips ini ditujukan bagi anda yang tidak terbiasa sahur atau tanpa sengaja meninggalkan sahur.

  1. Mengingat Puasa adalah Kewajiban

Hal pertama yang harus anda tanamkan pada diri dan pikiran adalah mengingat bahwa puasa adalah ibadah wajib yang tidak boleh untuk ditinggalkan. Dengan demikian, kesadaran kita akan tumbuh dan rela tetap melakukan ibadah puasa meskipun dalam kondisi tidak sahur. Selain itu, menyadari dan mengingat manfaat puasa juga penting untuk terus kita tanamkan ketika merasa was-was akan puasa yang dijalankan pada saat tidak sahur. Dengan mengingat dual hal tersebut maka ketika anda merasa tidak kuat menahan haus dan lapar akibat tidak sahur akan terus menahan hingga waktu buka tiba.

  1. Hindari Melakukan Aktivitas Berlebihan

Sedang dalam kondisi sahur saja terkadang kita masih kewalahan jika harus melakukan aktivitas atau bekerja berat, apalagi ketika kita tidak sahur. Banyak energi yang akan dibutuhkan ketika anda melakukan aktivitas berat ketika puasa, sehingga tubuh akan benar-benar lemas dan terasa tidak sanggup menahan haus dan lapar. Jadi sebaiknya, ketika anda tidak sahur, hindari untuk melakukan aktivitas berlebihan yang membuat tubuh banyak membutuhkan energi dan cairan sehingga mempengaruhi puasa yang sedang dijalankan.

  1. Manfaatkan Waktu Istirahat yang Cukup

Ketika anda tidak sahur, sebaiknya gunakan waktu untuk membuat tubuh anda tetap memiliki simpanan energi dengan beristirahat. Pasalnya tubuh orang yang tidak sahur saat puasa, benar-benar akan sangat lemas dan lesu. Jika anda tidak memanfaatkan waktu istirahat yang cukup, maka bisa dipastikan tubuh anda akan sangat lemas dan rasa haus dan lapar akan semakin tak tertahankan. Jadi dari pada anda menghabiskan waktu degan kegiatan yang tidak bermanfaat saat puasa, alangkah lebih baiknya jika anda gunakan waktu tersebut untuk beristirahat, sehingga tubuh anda tetap kuat menahan haus dan lapar meskipun tidak sahur.

  1. Kuatkan Niat

Saat anda tidak sahur maka sebaiknya bulatkan dan kuatkan niat anda untuk tetap menjalankan puasa hingga waktu berbuka tiba. Dengan memberikan sugesti kepada pikiran dan jiwa kita maka anda akan tetap sanggup menjalankan puasa. karena pada dasarnya niat tak hanya yang terucap saja, namun kekuatan niat adalah bentuk tekat yang kita tanamkan di dalam diri akan tetap berpuasa hingga waktu berbuka dan tidak akan membatalkannya.

Dengan mengaplikasikan tips dan cara di atas, maka kemungkinan puasa yang anda jalankan meskipun tidak sahur akan tetap lancar hingga berbuka puasa. Namun disarankan sebaiknya jangan pernah meninggalkan sahur saat puasa, selain membuat tubuh anda terasa sangat lemas, perut yang terlalu kosong saat puasa juga berdampak pada penyakit maag. Selain itu, terbiasa meninggalkan sahur saat puasa juga membuat puasa yang anda jalankan akan mendapat banyak godaan.

Jadi selain sebagai sumber energi untuk menjalankan puasa, sahur juga dianjurkan karena bermanfaat untuk kesehatan, Meskipun saur tidak termasuk hal yang wajib, namun ketimbang harus berisiko terhadap kelancaran puasa yang dijalankan alangkah lebih baiknya jika kita selalu menyempatkan sahur sebelum berpuasa.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: