Tips Cara Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol

Tips cerdas mengatasi anak yang suka mengompol adalah hal yang anda perlukan untuk mengatasi kebiasaan buruk anak yang satu ini. Bayangkan saja jika anda setiap hari harus mencuci sprey atau harus menjemur kasur untuk menghilangkan bau dan kotoran akibat dari ompolan anak tentunya menyusahkan bukan ? Sebenarnya mengompol adalah salah satu bagian dari masa pertumbuhan anak dimana anak sedang berlatih untuk mengontrol kantung kemihnya dan juga saraf – saraf kencingnya. Aktifitas mengompol dimalam hari ini wajar dialami oleh anak hingga usia 7 tahun. Dan yang menjadi masalah adalah anak yang mengompol dalam usia lebih dari 7 tahun.

Menurut penelitian, aktifitas mengompol lebih sering dialami oleh anak laki – laki dibandingkan dengan anak perempuan. Meskipun pada umumnya aktivitas mengompol akan berhenti pada saat anak berusia 7 tahun, tetapi cara melatih anak agar tidak mengompol harus dilakukan sedini mungkin agar tidak berlanjut hingga besar. Oleh karena itu, kami ada beberapa tips cerdas untuk anda para ibu sebagai cara untuk mengatasi anak suka mengompol, diantaranya:

  1. Biasakan anak untuk buang air kecil sebelum tidur, dengan buang air kecil sebelum tidur akan membantu mengurangi jumlah urine dalam kantung kemih.
  2. Pada masa awal anda melatih rutinlah untuk membangunkan anak setiap 2 atau 3 jam sekali dan ajak anak untuk ketoilet untuk mengurangi frekuensi mengompol anak. Jika latihan sudah dilakukan dalam waktu yang cukup lama, anda tidak perlu lagi membangunkan setiap 2 atau 3 jam sekali tetapi cukup hanya satu kali dalam semalam karena dimungkinkan anak udah mulai bisa menahan buang air kecilnya. Tetapi yang perlu anda ingat kesabaran sangat anda butuhkan untuk melakukan hal ini.
  3. Hindari memberi anak banyak minum sebelum tidur terutama minuman dingin atau teh.
  4. Biasakan anak untuk membersihkan serta membereskan tempat tidurnya sendiri, hal tersebut dapat menanamkan pada diri anak repotnya untuk membersihkan tempat tidur yang kotor akibat ompol.
  5. Hadiah juga salah satu upaya untuk mengatasi anak yang suka mengompol. Berilah sesuatu yang anak inginkan atau sukai agar anak termotivasi untuk tidak mengompol lagi.
  6. Berilah pujian apabila anak berhasil tidak mengompol lagi.

Nah itulah tadi beberapa tips cerdas yang dapat para ibu gunakan untuk mengatasi kebiasaan mengompol anak. Semoga bermanfaat.

Silahkan Bagikan Artikel ini ke Teman Anda!