Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Sakit Saat Berpuasa

Sebenarnya menjaga kesehatan tak hanya perlu dilakukan pada saat berpuasa saja, namun setiap waktu dan kesempatan kita juga dituntut agar terus menjaga kesehatan tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Namun biasanya pada saat berpuasa, mereka yang tidak begitu peduli dengan pola konsumsi makanan saat puasa lebih cenderung mudah terserang penyakit. Padahal sejatinya, puasa adalah bentuk ibadah yang salah satu fungsi dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan terhindar dari beragam racun dalam tubuh. Agar Tidak Mudah Sakit Saat Puasa

Bagi umat muslim, bualan ramadhan adalah bulan yang disambut dengan meriah. Selain adanya ibadah puasa di dalamnya, bulan ramadhan merupakan bulan yang ditujukan untuk lebih mendekatkan diri pada sang khalik. Namun seiring berjalannya waktu, ada kebiasaan-kebiasaan yang secara tidak langsung menjadi sebuah tradisi berpuasa di negara kita ini seperti takjil, gorengan serta minuman dingin menjadi hidangan wajib saat puasa. Jika ditelaah lebih lanjut, makanan-makanan tersebut ternyata tidak baik untuk tubuh dan mampu memicu timbulnya penyakit jika dikonsumsi pada saat perut dalam keadaan kosong. Karena pada saat kondisi perut dalam keadaan kosong selama satu hari penuh, maka asupan cairan dan nutrisi sangat penting guna tetap menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan.

Itulah mengapa, meskipun puasa adalah ibadah paling menyehatkan tubuh, namun kebiasaan tersebut justru memicu timbulnya penyakit dalam tubuh. Dan berikut berhasil kami rangkum beberapa tips agar tubuh tidak mudah sakit saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Hal pertama yang anda lakukan agar tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa adalah dengan tetap melengkapi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh. memenuhi cairan tubuh sebaiknya dilakukan dengan mengonsumsi air putih dan sebisa mungkin untuk mengurangi minuman-minuman berwarna terutama yang banyak mengandung gula. Dengan mengonsumsi air putih secara cukup maka bisa dipastikan kebutuhan cairan tubuh pun akan terpenuhi dan terhindar dari beragam penyakit seperti dehidrasi, sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Pada saat puasa khususnya pada waktu buka tiba biasanya banyak terhidang beragam jenis makanan dan minuman yang siap disantap. Namun terkadang makanan-makanan tersebut sangat minim nutrisi dan malah justru banyak mengandung lemak. Dengan memerhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi saat puasa, maka bisa dipastikan semua kebutuhan nutrisi tubuh akan tetap terpenuhi walaupun seharian perut dalam keadaan kosong. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya nutrisi juga menghindarkan tubuh dari berbagai macam masalah kesehatan dan penyakit.

  1. Hindari Mengonsumsi Minuman bersoda dan kafein

Sudah menjadi hal biasa yang dilakukan banyak orang pada saat berbuka puasa yakni dengan mengonsumsi minuman dingin dan bersoda. Minuman tersebut memang dapat memberikan sensasi segar dan serasa mampu melepaskan dahaga. Namun sejatinya, ketika tubuh banyak kehabisan cairan maka minuman yang sangat dibutuhkan tubuh adalah air putih biasa. Selain mampu menambah cairan tubuh, air putih juga jauh lebih sehat dibanding minuman jenis lain. Selain soda, saat puasa sebaiknya hindari mengonsumsi minuman mengandung kafein. Karena minuman-minuman tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan.

  1. Tetap Lakukan Olahraga

Siapa yang bilang saat puasa kita tak harus berolahraga, meskipun dapat membuat tubuh semakin banyak kehabisan cairan berolahraga juga mampu menjaga tubuh dan beragam serangan penyakit. Berolahraga saat puasa harus dilakukan dengan tepat agar tidak mengganggu ibadah puasa yang sedang anda jalankan misalnya berolahraga di pagi hari setelah sahur atau berolahraga menjalang berbuka puasa. Aktivitas olahraga dapat menjaga tubuh tetap bugar, memperlancar peredaran darah serta dapat memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Sehingga jika anda tidak ingin mudah sakit saat puasa, lakukan olahraga yang tepat dan teratur.

  1. Istirahat yang Cukup

Selain berolahraga, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan tubuh saat sedang berpuasa. Jadi meskipun saat puasa, anda juga harus memerhatikan kebutuhan istirahat agar terhindar dari beragam penyakit. Selain itu, sebaiknya cukupi kebutuhan tidur anda karena selama puasa mungkin anda akan kekurangan waktu tidur. Dengan menjaga kualitas tidur yang baik maka pada saat menjalankan puasa tubuh akan kembali tetap bugar dan terhindar dari beragam masalah kesehatan.

Selain itu, memerhatikan menu sahur dan buka juga penting untuk dilakukan. Pasalnya dengan begitu maka semua makanan yang kita konsumsi saat puasa jelas kandungan gizi dan nutrisinya. Dan perlu diingat, meskipun dalam kondisi berpuasa sebaiknya jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Tetap lakukan aktivitas seperti biasa dan rutin berolahraga adalah hal penting untuk membuat kita tidak mudah sakit saat berpuasa. Menjaga kesehatan saat puasa memang sangat penting, karena dengan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit dapat memperlancar ibadah puasa yang kita lakukan.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: