Ternyata Puasa Dapat Cegah Beragam Penyakit Berbahaya

Puasa yang merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim pada saat bulan ramadhan merupakan aktivitas yang terbilang sangat baik untuk kesehatan. Pihak medis pun sudah mengamini bahwa puasa tak hanya sekadar menahan makan dan minum saja, namun perubahan pola konsumsi yang dilakukan orang akan mengalami perubahan pada masa puasa. Dimana pada hari-hari biasa orang akan mengonsumsi makanan sebanyak tiga kali dalam sehari, sementara pada saat puasa hanya ada dua kali waktu makan yang terdapat selang waktu antara keduanya waktu tersebut kurang lebih 14 jam lamanya. Jadi ketika anda menjalankan puasa dengan baik dan benar banyak manfaat yang akan terjadi di dalam tubuh anda. Puasa Dapat Cegah Penyakit Berbahaya

Namun jika puasa dilakukan dengan baik dan benar serta tanpa mengetahui manfaatnya malah justru akan mendatangkan beragam gangguan kesehatan terutama pada sistem pencernaan. Jadi sebaiknya jalankan ibadah puasa dengan baik dan benar dengan pola konsumsi makanan yang sehat. Dalam dunia medis, puasa yang dilakukan umat muslim merupakan pengaturan dan perubahan pola konsumsi secara kebiasaan. Ketika kita puasa, hanya dibolehkan mengonsumsi makanan pada saat sahur dan buka saja. Dan pada kondisi ini tentu terjadi pengurangan asupan makanan dan kalori di dalam tubuh, sehingga minimnya jumlah kalori juga akan membuat kadar lemak di dalam tubuh menurun. Sementara tubuh yang memiliki kadar lemak sedikit juga akan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Sehingga bisa dikatakan puasa adalah aktivitas terbaik yang harus dilakukan untuk menyehatkan organ tubuh kita.

Selain dapat menguangi kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh, puasa juga membuat para perokok akan menurunkan kadar rokok yang biasanya mereka hisap setiap hari. Pasalnya pada saat puasa merokok di siang hari akan membatalkan puasa, itu artinya perokok hanya bisa merokok pada saat sahur dan buka saja. Kondisi tersebut tentu akan membuat tubuh semakin sehat terutama karena terbebas oleh racun rokok lebih kurang selama 14 jam. Jadi bisa disimpulkan puasa dapat mengurangi lemak dalam tubuh, mengurangi kolesterol serta membuat tubuh terbebas dari racun rokok. Namun selain itu ada beberapa manfaat luar biasa dari puasa ini yakni dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya di dalam tubuh. Dan berkut penjelasannya.

  1. Menurunkan Kadar Asam Urat dan Gula Darah

Pada saat puasa, tubuh anda akan terbebas dari asupan kalori dan makanan selama lebih kurang 14 jam lamanya. Dalam waktu yang terbilang cukup panjang tersebut maka beberapa kadar penyakit di dalam tubuh anda juga akan mengalami penurunan. Misalnya ketika anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, pada saat puasa kadar asam urat dalam tubuh juga mengalami penurunan begitu juga dengan kadar gula darah. Mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi ketika puasa maka kadar gula darah di dalam tubuh akan mengalami penurunan. Dengan catatan tidak menjadikan waktu berbuka puasa sebagai pembalasan dendam akibat seharian menahan haus dan lapar dengan mengonsumsi berbagai makanan hingga kenyang.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Stroke

Ketika kita berpuasa maka asupan makanan yang berisi karbohidrat, kalori dan lemak akan berkurang selama sehari. dan itu artinya kadar lemak yang tak sehat tidak akan ada selama anda puasa, begitu juga kadar gula dari karbohidrat. Sehingga jika anda berpuasa dengan baik dan benar serta dengan memerhatikan pola konsumsi dan jenis makanan yang anda konsumsi maka penyakit berbahaya sekelas stroke akan terhindar dari tubuh anda.

  1. Mencegah Sakit Jantung dan Obesitas

Penyakit jantung baisanya terjadi akibat adanya kelainan pada jantung, kelainan tersebut juga disebabkan salah satunya oleh kolesterol. dan pada saat anda berpuasa, maka asupan lemak di dalam tubuh anda akan berkurang hampir seharian, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh juga akan mengalami penurunan. Penurunan kolesterol hingga kadar normal tentu akan berujung pada kesehatan jantung. Sehingga mereka yang berpuasa dengan cara yang benar akan terhindar dari penyakit jantung.

Selain jantung, menurunnya asupan lemak di dalam tubuh juga menghindarkan anda dari penyakit obesitas yang dapat membahayakan kesehatan anda. Jadi sebaiknya agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya tersebut, lakukan ibadah puasa dengan ikhlas serta dengan tetap menjalankan pola konsumsi sehat selama berpuasa. Karena jika tidak, puasa yang anda jalankan akan tetap sia-sia, tubuh anda justru akan mengalami gangguan penyakit akibat pola konsumsi saat puasa yang salah.

Pada saat puasa anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya serat dan nutrisi di dalamnya seperti buah-buahan, sayuran serta makanan-makanan bergizi lainnya. Hal tersebut selain akan bertujuan melancarkan puasa anda juga akan membuat anda terhindar dari beragam penyakit berbahaya yang mungkin anda derita ketika menjalankan puasa dengan salah.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: