Perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR

Perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR yang paling utama adalah perpedaan antara sistem kerja dari kedua jenis kamera tersebut. Meskipun diantara keduanya memiliki beberapa perbedaan tetapi kedua kamera tersebut dapat dibilang sebagai kamera yang paling banyak digunakan khususnya untuk fotografi. Untuk lebih jelaskan kami akan coba membahas secara satu persatu perbedaan antara kamera SLR dan juga kamera DSLR.

Perbedaan kamera dslr dan slr

Kamera SLR

Kamera SLR singkatan dari single lens reflek atau reflek lensa tuggal adalah kamera yang memakai lensa dengan jalur tunggal atau single untuk dapat melewatka berkas cahaya menuju ke pada dua tempat, tempat yang pertama yaitu focal plane dan tempat yang kedua adalah view finder jadi seorang fotografer dapat melihat hasil foto dengan cara melihat gambar melalui kamera.karena antara hasil fotografi dan juga gambar dikamera hasilnya dapat dibilang sama persis.

Cara kerja dari kamera SLR ini lebih sederhana dibandingkan dengan kamera DSLR karena pada sistem elektroniknya hanya dapat berfungsi untuk pengaturan komposisisi secara otomatik. Pada kamera SLR data gambar yang diperoleh kemudian disimpan dalam film 35 MM atau analog, dan juga tidak diperlukan proses digitalisasi dan kompresi data sehingga hasil dari foto tersebut dapat langsung dilihat. Tetapi jika ingin memproses foto lebih lanjut lagi maka gulungan film tersebut dibaea ke tempat cuci cetak foto.

Kamera DSLR

Kamera DSLR singkatan dari digital single lens reflex camera adalah sebuah kamera digital yang memakai mechanical mirror system dan juga pentaprisma untuk mengarahkan cahaya yang datang dari lensa menuju ke pada optical viewfinder yang berada dalam kamera tersebut. Cara Kamera DSLR ini berbeda dengan kamera SLR yaitu bekerja dengan menggunakan system digital penuh pada saat captue objek foto olaeh immage sensor sehingga penulisan pada memoricard.

Perbedaan lain dari kamera SLR dan DSLR adalah dimana kamera DSLR memiliki pandangan yang berbeda jika dilihat dari viewfinder dengan apa yang ditangkap oleh film. Dan untuk melihat hasilnya kita harus meggunaka bantuan LCD atau monitor dan juga diperlukan software untuk dapat melihat hasil foto namun hasil foto dari kamera DSLR langsung dapat muncul pada layar LCD yang tersedia pada kamera DSLR.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR. Semoga informasi tersebut dapat berguna untuk anda.

Silahkan bagikan Artikel ini melalui media: